Sebanyak 2630 item atau buku ditemukan

Buku Ajar Sastra & Budaya Lokal Untuk Perguruan Tinggi

Buku ajar Sastra & Budaya Lokal ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami, menganalisis, menginterpretasi-kan nilai-nilai yang terdapat pada budaya lokal sehingga tidak salah menafsirkan dalam kehidupan sehari-harinya. Serta senantiasa termotivasi untuk terus melestarikan budaya lokal dan menjadikan budaya sebagai study sastra daerah, sosiologi, humaniora, dan seni. Memanfaatkan nilai-nilai pendidikan dan Moral sebagai dasar pembentukan karakter Manusia. Menjadikan budaya sebagai tradisi untuk mempererat rasa persaudaraan antar sesama masyarakat, sebagai ladang mendalami seni sastra yang dapat dijadikan sebagai referensi pembelajaran dan penelitian. Menjadikan nilai budaya lokal sebagai bahan ajar pembentuk karakter manusia zaman modernd. Serta menjadi penguatan pembelajaran muatan lokal di dunia pendidikan di tingkat SMP, SMA & pembelajaranSastar pada mata kuliah sastra & budaya lokal di Perguruan tinggi.

Ragam Sastra Indonesia. Jakarta: Sketsa Aksara Lalitya. Nisa, Hany Uswatun & Supriyanto, Teguh. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Membaca Sastra Legenda Bermuatan Kearifan Lokal Berbahasa Jawa. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra ...

BUKU AJAR PENGANTAR KEWIRAUSAHAAN

Buku ini akan digunakan sebagai buku ajar pada mata kuliah pengantar kewirausahaan dengan selingkung STKIP Singkawang yang memuat pengetahuan tentang konsep kewirausahaan dan materi terkait mengenai bagaimana untuk memulai suatu usaha, sehingga mampu menjadi seorang wirausaha. Dengan segala upaya telah dilakukan untuk mengkaji dan menelaah buku ini dengan harapan untuk meminimalisasi kekurangan yangterdapat dalam buku ajar ini.

Buku ini akan digunakan sebagai buku ajar pada mata kuliah pengantar kewirausahaan dengan selingkung STKIP Singkawang yang memuat pengetahuan tentang konsep kewirausahaan dan materi terkait mengenai bagaimana untuk memulai suatu usaha, ...

Speak English Well!

Hanya Ada Satu Buku Bahasa Inggris Seperti Ini!

KENAPA BUKU INI BEDA? Karena tanpa perlu menghafal seisi kamus, kamu akan mendapati seluruh kosakata yang kamu perlukan dalam buku ini. Seluruh kosakata dalam buku ini telah disesuaikan dengan kata-kata yang sering muncul dalam interaksi sehari-hari, begitu pula percakapan-percakapannya. Kamu akan dengan mudah menemukan contoh percakapan yang biasa muncul dalam ruang kelas, supermarket, bandara, hingga obrolan-obrolan ringan sehari-hari. Dengan membaca buku ini, kamu nggak akan ragu lagi mendekati turis asing dan mengajak mereka ngobrol. Oh, atau kamu pengin pergi melancong ke luar negeri? Jadikan buku super-lengkap ini sebagai pegangan! Muatan dalam buku ini meliputi: ü GREETING AND INTRODUCTION ü THANKS ü APOLOGIZING ü ASKING OPINION ü SHOWING SYMPHATY ü INVITATION & VISITING ü ASKING AND GIVING INFORMATIONS DST

KENAPA BUKU INI BEDA?

Buku ajar bahasa Indonesia

Buku ajar ini disusun untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa agar dapat memahami dan mempelajari bahasa Indonesia lebih baik, terarah dan terencana. Buku ajar ini terdiri dari 12 bab. Bab I memuat ragam bahasa Indonesia. Bab II pembahasan mengenaipedoman umum ejaan bahasa Indonesia. Bab III membahas tentang diksi atau pilihan kata. Bab IV membahas tentang kalimat. Bab V membahas tentang kalimat efektif. Bab VI menjelaskan tentangparagraf.Bab VIImenjelaskan tentang penyusunan karya ilmiah. Bab VIII menjelaskan tentang artikel ilmiah. Bab IX membahas mengenai topik dan judul karangan. Bab Xmembahas tentangkutipan, catatan kaki, dan daftar pustaka. Bab XI membahas mengenai abstrak. dan Bab XII memuat tentang presentasi ilmiah.

Buku ajar ini disusun untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa agar dapat memahami dan mempelajari bahasa Indonesia lebih baik, terarah dan terencana.

Bahasa Indonesia Akademis: Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia)

Dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 84/E/KPT/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum Pendidikan Tinggi, Mata Kuliah Bahasa Indonesia diharapkan menjadikan mahasiswa mampu mengungkapkan pikiran secara lisan maupun tulisan dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan memfungsikan bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan dan alat pemersatu bangsa. Mengacu pada pedoman itu, buku ajar berjudul Bahasa Indonesia Akademis (Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia) ini disusun dengan lingkup materi (1) Hakikat bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara; (2) Mengeksplorasi teks dalam kehidupan akademik; (3) Menjelajah dunia pustaka; (4) Mendesain proposal penelitian dan proposal kegiatan; (5) Melaporkan hasil penelitian dan hasil kegiatan; dan (5) Mengaktualisasikan diri dalam artikel ilmiah. Pembelajaran berbasis teks melandasi Mata Kuliah Bahasa Indonesia di pendidikan tinggi. Dalam buku ajar ini ditambahkan komponen pembentuk teks berupa kalimat dan paragraf.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa negara yang terus-menerus diperkuat kedudukannya. ... kedudukan bahasa Indonesia, Pemerintah menetapkan bahasa Indonesia sebagai mata kuliah wajib, mulai dari tingkat dasar hingga pendidikan tinggi.

BUKU AJAR: KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN PANDUAN DI PERGURUAN TINGGI

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penyusunan buku ajar yang berjudul Kapita Selekta Pendidikan ini dapat diselesaikan dengan baik. Hal tersebut tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak yang mengharapkan adanya buku ajar ini sebagai panduan di Perguruan Tinggi. Buku yang ada di hadapan pembaca saat ini adalah kumpulan materi ajar Kapita Selekta Pendidikan. Buku ajar ini diharapkan dapat menjadi opsi referensi bagi para dosen/pendidik, mahasiswa, dan civitas akademika yang ada di Perguruan Tinggi dan masyarakat pada umumnya. Tak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku ini. Akhirnya, harapan penulis sejak lama dapat terwujud dengan hadirnya buku ajar Kapita Selekta Pendidikan sebagai panduan perkuliahan di Perguruan Tinggi. Penulis menyadari buku ini belumlah sempurna baik dari materi dan susunannya. Dengan lapang dada dan kerendahan hati, penyusun bersedia untuk diberi saran dan kritik yang bersifat membangun guna memperbaiki buku ini.

Akhirnya, harapan penulis sejak lama dapat terwujud dengan hadirnya buku ajar Kapita Selekta Pendidikan sebagai panduan perkuliahan di Perguruan Tinggi. Penulis menyadari buku ini belumlah sempurna baik dari materi dan susunannya.

Pengembangan Buku Teks Sintaksis Bahasa Indonesia

Sebelum dikembangkan menjadi sebuah buku, tulisan ini ini merupakan tesis penulis dengan judul Pengembangan Buku Teks Sintaksis Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Baturaja di Program Pascasarjana Universitas sriwijaya tahun 2013. Pengembangan bahan ajar merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh para guru dan dosen di bidang pendidikan. Kemampuan ini dibutuhkan untuk menhadirkan bahan ajar yang dibutuhkan siswa atau mahasiswa dalam rangka mencapai kompetensi yang diharapkan. Untuk itu, buku ini disusun secara sistematis untuk membantu berbagai pihak sehingga dapat memperlancar dan menambah ilmu pengetahuan dalam pembuatan bahan ajar yang inovatif dan sesuai dengan analisis kebutuhan. Adapun bahan ajar yang dikembangkan di sini adalah buku teks sintaksis bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan oleh buku teks merupakan bagian penting dalam meningkatkan proses pembelajaran di kelas.

Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja (2007—sekarang), sebagai Dosen Luar Biasa di Fakultas Ekonomi, Universitas Baturaja. Membina mata kuliah: Sintaksis Bahasa Indonesia, Analisis Kesalahan Berbahasa, Linguistik Umum, ...

Buku Ajar Bahasa Indonesia Edisi Revisi

Ada sebuah pepatah “Buku adalah jendela dunia”. Pepatah tersebut mengandung arti bahwa kegiatan membaca memegang peranan penting dalam sebuah kehidupan sebab dapat memperluas wawasan dan pengetahuan. Dengan wawasan dan pengetahuan tersebut, mahasiswa akan dapat menyikapi segala sesuatu dengan lebih baik. Dengan wawasan dan pengetahuan tersebut pulalah seseorang dapat membela Indonesia dengan bersikap bijak dan kritis terhadap tulisan di media. Mahasiswa tidak akan mudah terbawa arus berita atau informasi yang tidak relevan dan tidak akan mudah tertipu oleh pihak-pihak tertentu yang ingin memecah belah Indonesia. Hingga pada akhirnya, mahasiswa akan mampu membela dan membuat Indonesia menjadi negara maju dengan mengambil hal-hal penting dari berbagai bacaan, baik dari dalam maupun luar negeri. Tujuan penyusunan buku ini adalah membantu mahasiswa untuk memperoleh bahan ajar yang mampu meningkatkan kompetensi berbahasa dan bersastra Indonesia, khususnya literasi yang memiliki wawasan kebangsaan dan bela negara. Berdasarkan peta kompetensi, buku ini bersisi pendahuluan dan materi singkat yang terangkum dalam 9 kegiatan pembelajaran. Pada setiap kegiatan pembelajaran terdapat pengantar dan tujuan pembelajaran, uraian materi, dan perlatihan. Pembagian masing-masing bab dalam buku ini adalah sebagai berikut. Bab I : Sejarah, Fungsi, dan Kedudukan Bahasa Indonesia Bab II : Ragam dan Laras bahasa Bab III : Penulisan Kalimat Efektif Bab IV : Ejaan Bahasa Indonesia Bab V : Paragraf Bab VI : Teknik Penulisan Kutipan, Daftar Pustaka, dan Daftar Rujukan Bab VII : Literasi Fiksi dan Nonfiksi

Literasi yang merupakan jiwa dari mata kuliah Bahasa Indonesia tersebut dapat dioptimalkan peranannya untuk menambah wawasan kebangsaan dan bela negara. Hal tersebut sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen ...

Pemanfaatan Platform Digital untuk Buku Digital Interaktif

Sejak diumumkan ditetapkannya virus Covid-19 sebagai pandemi dunia oleh WHO, pemerintah Indonesia merespon dengan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dengan demikian, ada dampak dalam kegiatan pendidikan dengan diterapkannya belajar dari rumah dengan metode Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Penyampaian materi dilakukan secara daring melalui video conference. Lalu, bahan ajar disajikan melalui presentasi power poin atau dokumen file yang berisi materi inti dan penunjang perkuliahan. Buku ini membahas mengenai buku digital yang dapat menjadi media penyampaian bahan ajar yang dimanfaatkan pada metode Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) di era pandemic covid-19. Buku ini disusun sebagai luaran program pengabdian kepada masyarakat (PkM) Prodi Sistem Telekomunikasi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta. Bab 1 membahas mengenai membuat buku digital dengan Sigil. Bab 2 membahas mengenai membuat video dengan Animaker. Bab 3 membahas mengenai audio explainer dengan Vocaroo. Bab 4 membahas mengenai membuat alat evaluasi dengan Google Form. Bab 5 menmbahas mengenai menerbitkan Buku Digital di Playstore. Bab 6 membahas mengenai seputar HKI dari proses pendaftaran hingga memperoleh sertifikat

Sejak diumumkan ditetapkannya virus Covid-19 sebagai pandemi dunia oleh WHO, pemerintah Indonesia merespon dengan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).