Sebanyak 60 item atau buku ditemukan

Psikologi Pendidikan

Penerapan Prinsip-prinsip Psikologi dalam Pembelajaran

Karya ini ditulis untuk memenuhi kebutuhan pembaca tentang psikologi pendidikan dalam penerapan prinsip­-prinsip psikologi untuk pembelajaran. Buku­-buku yang berjudul Psikologi Pendidikan memang banyak tetapi isinya sangat bervariasi, sedangkan masalah psikologi pendidikan, khususnya untuk pembelajaran memiliki silabus tersendiri yang arahnya membekali calon pendidik untuk memahami aspek­-aspek psikologis yang terkait dengan proses pembelajaran. Dengan demikian, diperlukan penguasaan materi psikologi pendidikan yang lebih fokus mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Untuk memenuhi kebutuhan itu, buku referensi ini sangat diperlukan bagi pembaca yang berminat, terutama bagi komunitas berpendidikan tinggi. Di dalamnya, penulis membahas aspek­-aspek yang terkait dengan psikologi pendidikan, seperti sejarah dan perkembangannya, penelitian tentang psikologi, tokoh­-tokoh yang terlibat dalam psikologi pendidikan, dan bahasan tentang bagaimana aplikasinya dalam pembelajaran, seperti aspek perkembangan anak, peranan inteligensi dan bakat dalam keberhasilan belajar, motivasi belajar, dan perbedaan individu dalam belajar. Di samping itu, juga perlu dipahami implementasi teori belajar behavioristik, teori kognitif, dan teori humanistik, sebab semuanya itu dapat menjadi sandaran dalam proses membelajarkan peserta didik. Psikologi Pendidikan: Penerapan Prinsip-prinsip Psikologi dalam Pembelajaran sangat dibutuhkan oleh semua pembaca yang mempelajari psikologi pendidikan. Buku ini memberikan kemudahan bagi pembaca dalam menguasai materi pokok psikologi pendidikan dan penerapannya dalam proses belajar dan pembelajaran. Buku ini memang hanya memuat materi­-materi pokok saja, karena itu para pengguna buku ini perlu memperkaya wawasan keilmuannya dengan referensi lain yang relevan. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku­-buku yang berjudul Psikologi Pendidikan memang banyak tetapi isinya sangat bervariasi, sedangkan masalah psikologi pendidikan, khususnya untuk pembelajaran memiliki silabus tersendiri yang arahnya membekali calon pendidik untuk ...

Psikologi Pendidikan

Pedoman dan Penerapan dalam Proses Pembelajaran

Psikologi pendidikan merupakan studi sistematis yang berkaitan dengan aspek psikologis siswa dalam situasi dan lingkungan pendidikan. Salah satu manfaat ilmu psikologi dalam proses pendidikan adalah, pemahaman secara komprehensif dan bijak yang menempatkan siswa sebagai manusia, yakni tentang segala kemampuan, potensi, sifat, perilaku, hambatan, kepribadian, dan lain sebagainya. Buku ini membahas secara lengkap mengenai psikologi pendidikan. Di antaranya, konsep dasar psikologi pendidikan, gejala psikologis dalam belajar, perbedaan individu dalam belajar, macam-macam teori belajar, hingga evaluasi hasil belajar. Semua materi disusun dengan sistematis sehingga guru ataupun calon guru mampu memahaminya dengan mudah. Selamat membaca!

Buku ini membahas secara lengkap mengenai psikologi pendidikan. Di antaranya, konsep dasar psikologi pendidikan, gejala psikologis dalam belajar, perbedaan individu dalam belajar, macam-macam teori belajar, hingga evaluasi hasil belajar.

Psikologi Pendidikan

Psikologi pendidikan merupakan suatu cabang ilmu psikologi yang khusus mengkaji perilaku individu, dengan tujuan menemukan berbagai fakta, generalisasi, dan teori psikologi yang berkaitan dengan pendidikan melalui metode ilmiah tertentu, untuk mencapai efektivitas proses pendidikan. Pengetahuan tentang psikologi pendidikan ini sangat dibutuhkan oleh pendidik dan calon pendidik dalam proses belajar mengajar. Buku Psikologi Pendidikan dapat menjadi referensi bagi pendidik dan calon pendidik dalam meningkatkan mutu proses pendidikan. Buku ini membahas tentang hakikat psikologi pendidikan, perilaku individu, proses belajar mengajar, kepribadian, inteligensi, teori berpikir, motivasi belajar, bakat dan minat, serta bimbingan dan konseling.

Psikologi pendidikan merupakan suatu cabang ilmu psikologi yang khusus mengkaji perilaku individu, dengan tujuan menemukan berbagai fakta, generalisasi, dan teori psikologi yang berkaitan dengan pendidikan melalui metode ilmiah tertentu, ...

PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Suatu Stimulus Pemahaman Awal

Psikologi pendidikan adalah ilmu yang menerangkan tentang aktivitas individu dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam proses pendidikan. Penyelidikan tentang gejala-gejala kejiwaan itu sendiri awal mulanya dilakukan oleh para filosuf Yunani Kuno. Psikologi barn diakui menjadi cabang ilmu independen setelah didirikan laboratorium psikologi oleh Wilhem Wund pada tahun 1879, yang kemudian sangat berpengaruh bagi perkembangan psikologi selanjutnya. Metode-metode Barn dikemukakan untuk pembuktian nyata dalam psikologi sehingga lambat-laun dapat disusun teori-teori psikologi yang terlepas dari ilmu induknya. Buku ini disusun untuk melengkapi referensi di bidang Psikologi Pendidikan. Selain itu. sebagai buku ajar bagi mahasiswa. Buku membahas dasar-dasar psikologi pendidikan dengan cakupan materi disertai penugasan sehingga dapat mengantarkan mahasiswa ke kepada pemahaman yang lebih komprehensif.

Psikologi pendidikan adalah ilmu yang menerangkan tentang aktivitas individu dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam proses pendidikan.

PSIKOLOGI PENDIDIKAN (Konsep Dasar, Teori, dan Implikasinya dalam Pembelajaran)

Buku ini masih bersifat global, mengungkap masalah-masalah seputar tentang pengertian; aspek-aspek perkembangan; psikologi pendidikan dalam kearifan lokal; memahami konsep dasar belajar; teori-teori belajar; faktor-faktor yang memengaruhi belajar; masalah kesulitan belajar; lupa dan transfer belajar; pembawaan dan lingku- ngan; motivasi belajar, kemampuan dan inteligensi; gaya belajar dan gaya kognitif dalam pembelajaran; serta konsep dasar evaluasi pembelajaran.

Buku ini masih bersifat global, mengungkap masalah-masalah seputar tentang pengertian; aspek-aspek perkembangan; psikologi pendidikan dalam kearifan lokal; memahami konsep dasar belajar; teori-teori belajar; faktor-faktor yang memengaruhi ...

PENGANTAR PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Psikologi pendidikan adalah studi yang sistematis terhadap proses dan faktorfaktor yang berhubungan dengan pendidikan. Sedangkan pendidikan adalah proses pertumbuhan yang berlangsung melalui tindakan-tindakan belajar. Dari batasan di atas terlihat adanya kaitan yang sangat kuat antara psikologi pendidikan dengan tindakan belajar. Karena itu, tidak mengherankan apabila beberapa ahli psikologi pendidikan menyebutkan bahwa lapangan utama studi psikologi pendidikan adalah soal belajar. Dengan kata lain, psikologi pendidikan memusatkan perhatian pada persoalan-persoalan yang berkenaan dengan proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan tindakan belajar.Karena konsentrasinya pada persoalan belajar, yakni persoalan-persoalan yang senantiasa melekat pada subjek didik, maka konsumen utama psikologi pendidikan ini pada umumnya adalah pada pendidik. Mereka memang dituntut untuk menguasai bidang ilmu ini agar mereka, dalam menjalankan fungsinya, dapat menciptakan kondisi-kondisi yang memiliki daya dorong yang besar terhadap berlangsungnya tindakan-tindakan belajar secara efektif.

Psikologi pendidikan adalah studi yang sistematis terhadap proses dan faktorfaktor yang berhubungan dengan pendidikan.

PSIKOLOGI PENDIDIKAN - Buku 1

PSIKOLOGI PENDIDIKAN - Buku 1 Penulis : Drs. KUNTJOJO, M.Pd.,M.Psi. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-5508-20-7 Terbit : Agustus 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Sebagai aktivitas yang bersifat teleologis dan memiliki fungsi strategis dalam pengembangan sumber daya manusia dan masa depan bangsa, pendidikan harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya dan dilaksanakan oleh para profesional. Ada berbagai ilmu yang membentuk body of knowledge tenaga profesional pendidikan, salah satu di antaranya adalah Psikologi Pendidikan. Sebagai cabang psikologi, Psikologi Pendidikan menyediakan berbagai pengetahuan teoritis hasil pemikiran dan penelitian para ahli mengenai dinamika perilaku dan proses mental manusia dalam konteks pendidikan. Dan sebagai ilmu terapan, Psikologi Pendidikan memberikan panduan untuk praktik pendidikan, khususnya dalam bidang belajar dan pembelajaran. Buku berjudul Psikologi Pendidikan ini diharapkan dapat digunakan oleh para dosen dan mahasiswa Fakultas Psikologi dan Fakultas Ilmu Pendidikan, serta para praktisi pendidikan di sekolah. Bidang kajian Psikologi Pendidikan amat luas, mencakup kajian mengenai peserta didik atau siswa, pendidik atau guru, dan juga interaksi mereka dalam pendidikan atau proses belajar dan pembelajaran. Ada pun materi yang dibahas dalam buku ini meliputi: Landasan Psikologis Pendidikan Belajar Pendidikan dan Perkembangan Perbedaan Individual Peserta Didik Motivasi Memori Manajemen Kelas www.guepedia.com Email : guepedia@gmail.com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

PSIKOLOGI PENDIDIKAN - Buku 1 Penulis : Drs. KUNTJOJO, M.Pd.,M.Psi.

Psikologi Pendidikan

Mengingat betapa urgensinya persoalan psikologi dalam kehidupan manusia khususnya dalam dunia pendidikan, maka faktor ini mendorong psikologi terus dikaji dan dipelajari banyak orang. Psikologi ini merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Dimana ilmu inisangat penting untuk kita pelajari sebagai mahasiswa dan mahasiswi yang akan diaplikasikan nanti saat masuk dunia mengajar maupun terjun dimasyarakat. Perhatian pada psikologi yang terutama tertuju pada masalah bagaimana tiap-tiap individu dipengaruhi dan dibimbing oleh maksud-maksud pribadi yang mereka hubungkan kepada pengalaman mereka sendiri. Pengamatan biasanya dilakukan oleh orang yang cerdas. Terjadi terhadap suatu proses dengan maksud merasakan dan memahami pengetahuan dari sebuah fenomena berdasarkan pengetahuan.

Mengingat betapa urgensinya persoalan psikologi dalam kehidupan manusia khususnya dalam dunia pendidikan, maka faktor ini mendorong psikologi terus dikaji dan dipelajari banyak orang.

Psikologi Pendidikan

Topik-topik materi yang disajikan dalam buku ini berkisar tentang variabel-variabel yang berasosiasi dengan konsep, karakteristik, dan informasi psikologis terkait pelajar, pembelajaran, serta peran guru dalam pembelajaran. Variabel-variabel tersebut disajikan serta dijelaskan secara detail dalam bentuk sepuluh topik yang dikemas sedemikian rupa menjadi sepuluh bab. Penulis berharap, buku ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pembaca. Keseluruhan materi dalam buku ini dipresentasikan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta mudah dimengerti demi mempermudah pembaca (guru, calon guru, para akademisi psikologi, para praktisi psikologi, mahasiswa/i, dan semua pihak yang membutuhkan ilmu psikologi pendidikan) dalam memahami materi-materi buku ini. Harapan kami, buku ini dapat menjadi salah satu referensi bagi para pembaca serta mampu membantu memperluas khazanah pengetahuan dan wawasan para pembaca tentang ilmu psikologi pendidikan. Psikologi Pendidikan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Psikologi Pendidikan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.