Sebanyak 52 item atau buku ditemukan

Balanced Score Card Strategi, Implementasi, dan Studi Kasus

Balanced ScoreCard Sebuah instrumen yang tepat untuk memetakan berdasarkan evaluasi aspek-aspek penting dan digunakan untuk mengambil keputusan.Buku ini menjadi menarik dibandingkan buku BSC. Pada saat mengawali projek pengembangan politeknik di Indonesia penulis telah bermitra dengan Ditjen Kemendikbud untuk memetakan kinerja akademi politeknik dan akhirnya digunakan dalam projek PEDP (Polytechnic Education Development Program) yang saat ini dilanjutkan di kemenristek DIKTI RI. Buku ini perlu dibaca dan penting utnuk pembelajaran dan diterapkan dalam mengelola perusahaan atau organisasi nirlaba

Balanced ScoreCard Sebuah instrumen yang tepat untuk memetakan berdasarkan evaluasi aspek-aspek penting dan digunakan untuk mengambil keputusan.Buku ini menjadi menarik dibandingkan buku BSC.

KEPEMIMPINAN DAN ETOS KERJA DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM Konsep dan Implementasi

Ini adalah buku perdana yang bisa penulis persembahkan kepada segenap pembaca. Buku mengenai kepemimpinan dan etos kerja di lembaga pendidikan tentu sudah banyak ditelurkan oleh para penulis. Namun, hadirnya buku ini paling tidak menjadi pelengkap buku-buku yang sudah ada. Setidaknya ada beberapa pembeda dari buku ini dengan buku-buku lainnya yang setema. Karena berangkat dari perbedaan itu buku ini akhirnya rampung ditulis dan sampai di tangan pembaca.

Sebab itulah untuk seorang guru harus memiliki kinerja yang baik, agar etos kerjanya lebih efektif dan hasilnya ... hasil dan keefektifan organisasi.12 Guru dapat meningkatkan etos kerjanya dengan cara memiliki kinerja yang baik, ...

MANAJEMEN PERANCANGAN PRODUK BATIK TULIS KALIMANTAN TIMUR

Batik merupakan kain yang digunakan sebagai pakaian. Pakaian merupakan salah satu alat komunikasi seperti yang diungkapkan oleh Umberto Eco, bahwa manusia dapat berkomunikasi melalui berbagai medium. Melalui pakaian manusia dapat mengkomunikasikan identitas diri, kelas sosial dan budaya yang dimiliki. Batik pada awalnya digunakan oleh raja dan abdi dalem di Keraton Yogyakarta sebagai tanda pangkat. Mereka memiliki aturan mengenai jenis-jenis batik berdasarkan motifnya yang boleh dikenakan oleh mereka sesuai dengan status social. Buku ini ditulis sebagai media berbagi penulis. Keberhasilan buku ini tentu tidak akan terwujud tanpa adanya dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada keluarga yang selalu mendukung dan memberikan do’a terbaik dalam setiap perjalanan yang penulis lakukan. Ucapan terima kasih juga penulis sampai kepada Penerbit Literasi Nusantara yang bersedia mewujudkan buku yang diharapkan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Dan beribu ucapan terima kasih pada semua pihak yang turut mendukung penulis yang tidak bisa penulis sebutkan satu per satu.

5) Merupakan biaya pabrik lainnya. 2. Perhitungan Harga Pokok Produksi (HPP) Harga pokok produksi memiliki dua pendekatan dalam pembuatan laporannya, yakni metode Full Costing dan metode Variable Costing. Metode full costing adalah ...

Mengenal Elemen Dalam Perancangan Tata Ruang Dalam

Dalam buku kuliah ini hanya akan diberikan beberapa materi pokok perkuliahan yang disesuaikan dengan kurikulum dan silabi yang telah ditetapkan dan akan selalu diusahakan diperbaharui disesuaikan dengan temuan-temuan dilapangan dan kondisi aktual yang ada. Untuk itu sangat diharapkan sebelum mengikuti perkuliahan, mahasiswa peserta mata kuliah ini telah membaca dan mempelajari materi buku ini sebelumnya, sehingga dalam acara tatap muka nanti akan terjadi komunikasi dua arah dengan metode diskusi.

Kita belajar di sekolah, makan di restouran, bekerja di kantor, pabrik, atau toko. Lahir di rumah sakit dan kemungkinan akan meninggal di rumah sakit pula. Sementara, hanya sebagian kecil waktu yang kita luangkan untuk melakukan ...

PSIKOLOGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Tersusunnya buku ini merupakan pengembangan modul pembelajaran dari Mata Kuliah Psikologi Pendidikan yang penulis ampu di beberapa program studi dan juga hasil kumpulan catatan dalam diskusi setiap sesi perkuliahan serta hasil penelitian penulis yang dilengkapi dengan referensi yang relevan. Pembahasan isi buku mengikuti pembaharuan karena adanya perubahan kurikulum dan perkembangan informasi mengenai dunia pendidikan. Melalui buku Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini, para mahasiswa calon guru PAUD dan juga guru PAUD dapat lebih membuka dan memperluas wawasan mereka tentang psikologis anak usia dini. Selama mengasuh Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD), penulis membahasnya secara umum tentang aspek, proses, dan fenomena psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, melalui buku ini penulis mencoba mengupas secara lebih khusus -meskipun masih sederhana- tentang hal-hal yang berkaitan langsung dengan psikologis anak usia dini yang terjadi dalam dan selama proses pendidikan berlangsung.

Melalui buku Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini, para mahasiswa calon guru PAUD dan juga guru PAUD dapat lebih membuka dan memperluas wawasan mereka tentang psikologis anak usia dini.

MANAJEMEN PESERTA DIDIK (Pengelolaan Peserta Didik Untuk Efektivitas Pembelajaran)

Pentinnya peran guru dalam pengelolaan pemebelajaran sudah tidak perlu lagi di perdebatkan. Amanat Undang-Undang sudah menegaskan itu bahwa Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Dalam upaya menggapai amanat undang-undang itu guru perlu memahami ilmu pengetahuan. Salah satu yang harus di milki Guru adalah kemampuan mengelola kelas atau manajemen kelas. Pentingnya Pengelolaan/ manajemen kelas dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan guru atau wali kelas dalam mendayagunakan seuruh potensipotensi di dalam kelas yang terdiri dari: pemberian kesempatan yang seluas-luasnya pada setiap personal untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang kreatif dan terarah sehingga waktu, dana dan fasilitas (sarana dan prasaranan) yang tersedia dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien . Sebagai seorang leader sekaligus manajer di dalam kelas guru hendaknya memilki keterampilan dalam menciptakan iklim kelas yang nyaman guna menunjang anak untuk meraih keberhasilan/ prestasi belajar melalui kegiatan-kegiatan belajar- mengajar yang efektif. Sebagai seorang leader di kelas, guru memberikan motivasi kepada peserta didik serta menanamkan nilai-nilai kebaikan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang harus diyakini dan diaplikasikan oleh peserta didik di lingkungannya seharihari baik di sekolah, di rumah maupun di masyarakat. Namun yang menjadi pertanyaan besar kita adalah sudahkan Guru memliki kemapuan pengelolaan/ manajemen Kelas? Buku ini hadir untuk memberikan jawaban akan pertanyaan itu. Buku ini membahas berbagai aspek tentang pengelolaan kelas yang baik. Mulai dari 1) Perencanaan peserta didik, 2) Penerimaan peserta didik baru, 3) Orientasi sekolah, 4) Pengelompokan peserta didik, 5) Pembinaan disiplin peserta didik, 6) Evaluasi hasil belajar peserta didik, 7) Sistem tingkat, jurusan, mutasi dan drop out, dan 8) Penyelenggaraan layanan khusus. Buku ini diperuntukkan bagi mahasiwa Fakultas Kependidikan, Guru, Kepala Sekolah dan pengambil kebijakan dalam pendidikan serta semua orang yang tertarik akan pembahasan mengenai penigkatan kualitas pendidikan.

Pentinnya peran guru dalam pengelolaan pemebelajaran sudah tidak perlu lagi di perdebatkan.

Evaluasi Pengelolaan Diklat Teknis

Buku ini membahas tentang 7 bab: 1. Pendahuluan membahas Latar belakang, evaluasi, tujuan evaluasi dan objek evaluasi 2. Evaluasi Program yang membahas tentang evaluasi dan penilaian, konsep evaluasi program, konsep program yang dievaluasi, menganalisis sumber daya dan kemampuan Pendukung Evaluasi., 3. Diklat Teknis membahas tentang pengertian diklat, pendidikan dan pelatihan, Diklat Teknis, 4. Model Evaluasi yang membahas iv tentang Evaluasi Berorientasi Tujuan, Evaluasi Bebas Tujuan, Evaluasi Responsif, Evaluasi Countenance, CIPP, Disccrepancy Model, Connoisseurship, Kirkpatrick 5. Model Evaluasi Kirkpatrick membahas tentang Reaction, Learning, Behaviour, Result., 6. Instrumen membahas tentang instrumen yang digunakan, validasi instrumen, realibilitas, teknik pengumpulan data dan triangulasi data.

Buku ini membahas tentang 7 bab: 1.

SENI BELAJAR HUKUM ( Suatu Pengantar Ilmu Hukum)

SENI BELAJAR HUKUM ( Suatu Pengantar Ilmu Hukum) PENULIS: Aswan Tebal : 143 halaman ISBN : 978-623-7474-33-3 www.guepedia.com Sinopsis: Ilmu hukum mempunyai peranan penting dalam perkembangan masyarakat karena hukum mengatur semua aspek yang ada dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Seyogyanya manusia harus mengetahui hukum. Melalui buku SENI BELAJAR HUKUM (Suatu Pengantar Ilmu Hukum) akan memberikan gambaran mengenai sistematika dan mekanisme belajar hukum mulai dari mengenal adanya hukum sampai hukum itu berlaku di dalam masyarakat. Buku ini memuat ruang lingkup ilmu hukum, asas-asas hukum, fungsi dan tujuan hukum, sumber dan sistem hukum, klasifikasi hukum, aliran-aliran pemikiran hukum, penemuan hukum, keadilan, ilmu hukum sebagai sui generis, hukum sebagai paradigma fakta sosial dan ilmu-ilmu pembantu ilmu hukum. Dalam buku ini juga ditambahkan kata-kata bijak hukum menurut para pakar hukum sehingga dapat menjadi motivasi dan mudah untuk dipahami guna diaktualisasikan secara nyata. Buku ini merupakan dasar yang akan mengantarkan dan mengarahkan ke cabang-cabang ilmu hukum lainnya. Sebagai pengantar pada ilmu hukum yang umum. Buku ini berfungsi mendasari setiap orang yang akan mempelajari hukum dengan segala hal yang berkaitan dengannya www.guepedia.com Email : guepedia@gmail.com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

SENI BELAJAR HUKUM ( Suatu Pengantar Ilmu Hukum) PENULIS: Aswan Tebal : 143 halaman ISBN : 978-623-7474-33-3 www.guepedia.com Sinopsis: Ilmu hukum mempunyai peranan penting dalam perkembangan masyarakat karena hukum mengatur semua aspek ...

DESAIN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN

penyusunan rancangan pembelajaran merupakan kewajiban seorang pendidik sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Namun, seringkali para pendidik meremehkan hal tersebut. Pendidik lebih mengutamakan konten pembelajaran/isi/materi pembelajaran tanpa memperhatikan bagaimana cara mereka menyampaikannya di kelas. Hal ini menjadi salah satu masalah yang menyebabkan informasi tidak tersampaikan dengan baik kepada mahasiswa dan tidak menimbulkan pengalaman berkesan pada mahasiswa sehingga pemahaman dan hasil belajar mereka kurang memuaskan.

penyusunan rancangan pembelajaran merupakan kewajiban seorang pendidik sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.

INOVASI PENDIDIKAN ISLAM: Strategi dan Metode Pembelajaran PAI di Sekolah Umum

Sebagai sebuah mata pelajaran, Pendidikan Agama Islam wajib disampaikan di sekolah atau madrasah hingga perguruan tinggi sebagaimana mata pelajaran lain. Keberadaannya menjadi salah satu indikator kelulusan yang harus dikuasai anak pada tiap jenjangnya. Anak harus diajarkan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berdasarkan cakupan materi yang telah ditentukan. Namun demikian, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi berbeda dengan mata pelajaran lain karena penyampaiannya tidak cukup hanya diberikan dengan metode umum sebagaimana yang digunakan pada mata pelajaran lain. Mata pelajaran PAI harus diajarkan dengan menggunakan strategi dan metode khusus sesuai watak pendidikan Islam itu sendiri yang lsafatnya digali dari Al- Qur’an dan Hadits. Oleh karena itu, menggunakan metode dan strategi yang tepat sangat diperlukan agar tujuan diajarkannya mata pelajaran PAI dapat dicapai dengan maksimal. Strategi dan metode khusus inilah yang menjadi titik tekan pada pembahasan buku ini, yang dibangun menjadi sebuah konsep inovasi pendidikan Islam yang utuh. Dengan inovasi yang ditawarkan, pendidikan Islam diharapkan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Dalam proses pembelajaran, sebagian orang membedakan istilah Pendidikan Islam dan Pendidikan Agama Islam. Menurut Hery Noer Aly Pendidikan Islam menunjuk pada muatan atau isi pendidikan yang harus disampaikan kepada peserta didik. Sedangkan Pendidikan Agama Islam adalah Pendidikan Islam yang diberikan kepada peserta didik dengan metode khusus pada tataran operasionalnya. Dengan kata lain, pendidikan Islam yang disampaikan di sekolah dengan metode khusus biasa disebut dengan Pendidikan Agama Islam. Dalam buku ini, penulis menggunakan istilah Pendidikan Islam sebagai bahan kajiannya. Hal ini penulis maksudkan agar cakupan materinya lebih luas, sehingga materi pendidikan Islam secara umum dapat terakomodasi seluruhnya. Namun dibeberapa tempat, penulis sengaja menggunakan istilah Pendidikan Agama Islam untuk menyesuaikan konteks pembahasan. Untuk mendukung konsep pendidikan Islam sebagai sebuah mata pelajaran, akan dijelaskan mengenai metode pengajaran PAI yang memiliki ciri khusus sesuai watak tersendiri, sebagaimana diterangkan diatas.

Sebagai sebuah mata pelajaran, Pendidikan Agama Islam wajib disampaikan di sekolah atau madrasah hingga perguruan tinggi sebagaimana mata pelajaran lain.