Sebanyak 297 item atau buku ditemukan

SEMIOTIK METODOLOGI PENELITIAN

Pendekatan semiotik akan menghasilkan penafsiran yang ‘liar’, sehingga simbol-simbol yang terkandung dalam objek penelitian dapat tersingkap. Sebagai satu model baca, semiotik tidak sekedar menafsirkan teks—memperlakukan teks sebagai teks—tetapi membuat teks berbicara, bahkan tentang hal di luar dirinya. Semiotik sebagai ‘metode pembacaan’ sangat mungkin digunakan dalam mengkaji objek penelitian, terutama teks. Terlebih lagi, dewasa ini ada kecenderungan untuk memandang berbagai wacana sosial, politik, ekonomi, budaya, seni dan tentu saja teks sebagai fenomena bahasa. Dalam pandangan semiotik, bila seluruh praktik sosial dapat dianggap sebagai fenomena bahasa, ia dapat pula dipandang sebagai ‘tanda’. Buku tipis ini merupakan ikhtisar tentang ilmu semiotik dan model aplikasinya untuk penelitian teks atau fenomena tanda-bahasa-makna

Pendekatan semiotik akan menghasilkan penafsiran yang ‘liar’, sehingga simbol-simbol yang terkandung dalam objek penelitian dapat tersingkap.

Studi Metodologi Tafsir

Sejarah penafsiran dan metodologi tafsir al-Qur’an telah melewati berbagai fase yang panjang, rumit dan kompleks. Awalnya, penafsiran merupakan usaha menemukan maksud yang sesuai dengan teks, namun pada tahap selanjutnya proyeksi penafsiran terkontaminasi dengan usaha menundukkan al-Qur’an demi kepentingan kelompok keagamaan dan individu. Dalam beberapa penelitian, produk-produk penafsiran al-Qur’an dari generasi ke generasi memiliki corak dan karakteristik yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, antara lain adalah adanya perbedaan situasi sosio-historis di mana seorang mufasir hidup. Bahkan situasi politik yang terjadi ketika mufasir melakukan kerja penafsiran juga sangat kental mewarnai produk-produk penafsirannya. Di samping cakupan makna yang dikan-dung oleh al-Qur’an memang sangat luas, perbedaan dan corak penafsiran itu juga disebabkan perbedaan keahlian yang dimiliki oleh masing-masing mufasir.

Sejarah penafsiran dan metodologi tafsir al-Qur’an telah melewati berbagai fase yang panjang, rumit dan kompleks.

Metodologi Penelitian Pendidikan

Kompetensi dan Praktiknya (Edisi Revisi)

Buku Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Edisi Revisi membahas materi dengan ringkas dan mudah dimengerti bagi para mahasiswa maupun praktisi. Materi buku ini luas dan dilengkapi dengan contoh metode, simpulan, dan pertanyaan yang bisa dikembangkan untuk masing-masing keperluan. Masing-masing bab membahas tentang fondasi penelitian; struktur organisasi; studi kepustakaan; teknik sampling; rencana penelitian; analisis data; kesimpulan, implikasi, dan saran; evaluasi laporan penelitian; instrumen penelitian; macam-macam instrumen pengukuran; penelitian deskriptif; penelitian ex-postfacto; penelitian eksperimen; penelitian survei; penelitian sejarah; dan penelitian tindakan.

Buku Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Edisi Revisi membahas materi dengan ringkas dan mudah dimengerti bagi para mahasiswa maupun praktisi.

Pesantren

dari transformasi metodologi menuju demokratisasi institusi

On the curriculum and educational system of Islamic religious training centers in Indonesia.

On the curriculum and educational system of Islamic religious training centers in Indonesia.

Laporan Mini Riset Observasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan

Sistem Informasi Manajemen atau SIM adalah sistem perencanaan bagian dan pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, teknologi dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisns seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Dalam dunia pendidikan, teknologi informasi sangatlah mendukung untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar. Semua elemen, baik pendidik maupun siswa dituntut untuk dapat menggunakan teknologi yang mendukung kegiatan sekolah.

Berbagai Teknik Wawancara . Perhitungan . Pemanasan . Lainnya 4. Aneka Alat . Perapian . Komputer . Lainnya . Timbangan . Meteran Sebagai produk atau hasil, berarti ilmu merupakan hasil dari proses dan aktivitas mengetahui.

Pendidikan dalam Perspektif Global

buku ini berisi tentang BAB I KONSEPSI PERSPEKTIF GLOBAL BAB II INTERNASIONALISASI PENDIDIKAN PERSPEKTIF GLOBAL BAB III PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF GLOBAL BAB IV URGENSI WAWASAN PERSPEKTIF GLOBAL BAB V PENTINGNYA KESADARAN DALAM PERSPEKTIF GLOBAL BAB VI GLOBALISASI PENDIDIKANBAB VI GLOBALISASI PENDIDIKAN BAB VII IMPLEMENTASI PERSPEKTIF GLOBAL DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR BAB VIII PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF GLOBAL BAB IX KONSEP DASAR PENDIDIKAN MULTIKULTURAN DI ERA GLOBAL BAB X KEMAJEMUKAN KESADARANDALAM PERSPEKTIF GLOBAL BAB XI PERSPEKTIF GLOBAL DILIHAT DARI SUDUT ILMU-ILMU SOSIAL DAN ILMU LAIN YANG TERKAIT BAB XII KEHIDUPAN MANUSIA DI TENGAH-TENGAH PERSPEKTIF GLOBAL BAB XIII ISSU- ISSU AKTUAL DITENAGH-TENGAH PERSPEKTIF GLOBAL

Menurut Azyumardi Azra, pada level nasional, berakhirnya sentralisme kekuasaan yang pada masa Orde Baru memaksakan ... Penulisan kembali sejarah Amerika dari perspektif yang lebih beragam merupakan suatu agenda pendidikan yang ...

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA INDUSTRI HOSPITALITY

Diandra Kreatif

Buku ini merupakan buah fikir penulis yang dilakukan melalui kajian pustaka yang sangat mendalam dan fokus pada permasalahan- pemasalahan yang terkait pada Manajemen Sumber Daya Manusia Industri Hospitality. Buku ini menjadi sangat penting karena manusia merupakan pelaku utama pembangunan sekaligus penikmat hasil pembangunan, karena itu diperlukan kualitas SDM yang mempuni agar bisa menjadi penggerak dalam proses pembangunan di berbagai bidang. Hasil kajian dari buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mengatasi permasalahan yang ada di bidang manajemen sumber daya manusia dan referensi bagi penentu kebijakan yang terkait sekaligus sebagai pemicu bagi penulis lainnya untuk menggali dan mengkaji lebih dalam lagi terhadap beberapa aspek yang diperlukan.

Buku ini merupakan buah fikir penulis yang dilakukan melalui kajian pustaka yang sangat mendalam dan fokus pada permasalahan- pemasalahan yang terkait pada Manajemen Sumber Daya Manusia Industri Hospitality.

Psikologi Pendidikan

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia. Tingkah laku di sini diartikan secara luas ialah segala kegiatan, tindakan perbuatan manusia yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan, yang disadari maupun tidak disadarinya. Termasuk di dalamnya: cara berbicara, berjalan, berpikir atau mengambil keputusan, cara ia mengambil sesuatu, caranya beraksi terhadap segala sesuatu yang datang dari luar dirinya maupun dari dalam dirinya. Psikologi pendidikan adalah cabang dari ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Buku ini disusun dengan judul Psikologi Pendidikan mampu membantu menambah bahan ajar dan mahasiswa dalam mempelajari psikologi dan untuk mempermudah mempelajari materi psikologi pendidikan. Psikologi Pendidikan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Berkaitan dengan itu maka guru akan menjadi bahan pembicaraan banyak orang, dan tentunya tidak lain berkaitan dengan kinerja guru. dapat diambil kesimpulan bahwa Manajemen sumber daya manusia diakui sangat penting.

Manajemen Psikologi Industri : Minto Waluyo

Manajemen Psikologi Industri : Minto Waluyo

Terpadu dengan kebijakan MSDM lainnya (HRP, Performance Appraisal, Latihan dan pendidikan). b. Obyektif, terutama kriteria penilaian. c. Didukung data yang lengkap tentang jabatan jabatan yang ada. d. Perlu adanya data kepegawaian yang ...

Desain Intervensi Psikologi Merancang Pelatihan dan Kegiatan Harian

Psikologi adalah meningkatkan kualitas hidup individu, baik secara pribadi, kelompok yang menjadi bagian dari masyarakat luas, maupun sistem di berbagai setting kehidupan. Dalamm perjalanan hidup seseorang ada kalanya timbul permasalahan yang bisa jadi mempengaruhi kualitas hidupnya. Saat itulah diperlukan suatu intervensi yang tepat pada sasaran, sehingga dapat mencegah, mengubah ataupun memperbaiki perilaku ke arah atau situasi yang lebih positif. Buku "Desain Intervensi Kegiatan Harian dan Pelatihan" memaparkan berbagai contoh aktivitas sehari - hari dan juga program pelatihan yang dapat dilakukan dalam penanganan suatu masalah. Tidak hanya menyasar pada suatu ranah individual di berbagai rentang usia, yaitu anak usia dini dan pada usia sekolah, remaja bahkan individu lanjut usia. Namun buku ini juga menyasar ranah kelompok dan berbagai setting kehidupan antara lain keluarga, pendidikan maupun di tempat kerja sekalipun.

Pada umumnya ruang lingkup dari manajemen SDM membahas sesuatu mengenai dengan manusiawinya yang didalamnya yaki kepuasan kerja pegawai. Sikap positif pada pekerjaan dapat ditentukan dari faktor penting yakni kepuasan kerja yang ...