Sebanyak 351 item atau buku ditemukan

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PAI MATERI POKOK AL QUR’AN SURAT AT TIIN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH

Buku tentang hasil penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran Make a match

Oleh karena itu, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sebagai suatu mata pelajaran diberikan pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK, baik yang bersifat kokurikuler maupun ekstrakurikuler.

Karakteristik Materi PAI pada Berbagai Sistem dan Jenjang Pendidikan

Seri Antologi Pendidikan Islam

Buku digital ini berjudul "Karakteristik Materi PAI pada Berbagai Sistem dan Jenjang Pendidikan", merupakan tulisan yang berisi tentang "Pendidikan Agama Islam" yang dapat memberikan tambahan wawasan pengetahuan dan pencerahan bagi pembaca. Semangat untuk berbagi terutama dalam literasi khazanah pengetahuan agama Islam yang mendasari penerbit menghadirkan konten-konten di buku digital ini. Penerbit berdoa semoga konten yang diterbitkan ini bisa bermanfaat dan menjadi bahan pembelajaran bagi siapapun juga.

Namun, pada makalah ini, penulis membatasi kajian hanya pada karakteristik materi PAI pada lembaga pendidikan formal dan nonformal. Pendidikan formal yang dimaksud meliputi TK/RA/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, dan Perguruan Tinggi.

Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam

Buku yang berada ditangan saudara ini merupakan kodifikasi dari makalah-makalah perkuliahan penulis ketika kuliah di prodi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pengkodifkasian sederhana ini hanyalah bentuk ikhtiar kecil penulis untuk berbagi apa yang telah penulis tulis selama perkuliahan. Di lain sisi, sebagai seorang mahasiswa, penulis merasa punya tanggungjawab sosial dan akademik untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi bagi peradaban.

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, dan SMA, Bandung: Rosda, 2009 Hidayatullah, Syarif, Islam “Isme-isme”: Aliran dan Paham Islam di Indonesia ...

Bahasa Indonesia Akademis: Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia)

Dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 84/E/KPT/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum Pendidikan Tinggi, Mata Kuliah Bahasa Indonesia diharapkan menjadikan mahasiswa mampu mengungkapkan pikiran secara lisan maupun tulisan dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan memfungsikan bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan dan alat pemersatu bangsa. Mengacu pada pedoman itu, buku ajar berjudul Bahasa Indonesia Akademis (Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia) ini disusun dengan lingkup materi (1) Hakikat bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara; (2) Mengeksplorasi teks dalam kehidupan akademik; (3) Menjelajah dunia pustaka; (4) Mendesain proposal penelitian dan proposal kegiatan; (5) Melaporkan hasil penelitian dan hasil kegiatan; dan (5) Mengaktualisasikan diri dalam artikel ilmiah. Pembelajaran berbasis teks melandasi Mata Kuliah Bahasa Indonesia di pendidikan tinggi. Dalam buku ajar ini ditambahkan komponen pembentuk teks berupa kalimat dan paragraf.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa negara yang terus-menerus diperkuat kedudukannya. ... kedudukan bahasa Indonesia, Pemerintah menetapkan bahasa Indonesia sebagai mata kuliah wajib, mulai dari tingkat dasar hingga pendidikan tinggi.

BUKU AJAR: KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN PANDUAN DI PERGURUAN TINGGI

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penyusunan buku ajar yang berjudul Kapita Selekta Pendidikan ini dapat diselesaikan dengan baik. Hal tersebut tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak yang mengharapkan adanya buku ajar ini sebagai panduan di Perguruan Tinggi. Buku yang ada di hadapan pembaca saat ini adalah kumpulan materi ajar Kapita Selekta Pendidikan. Buku ajar ini diharapkan dapat menjadi opsi referensi bagi para dosen/pendidik, mahasiswa, dan civitas akademika yang ada di Perguruan Tinggi dan masyarakat pada umumnya. Tak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku ini. Akhirnya, harapan penulis sejak lama dapat terwujud dengan hadirnya buku ajar Kapita Selekta Pendidikan sebagai panduan perkuliahan di Perguruan Tinggi. Penulis menyadari buku ini belumlah sempurna baik dari materi dan susunannya. Dengan lapang dada dan kerendahan hati, penyusun bersedia untuk diberi saran dan kritik yang bersifat membangun guna memperbaiki buku ini.

Akhirnya, harapan penulis sejak lama dapat terwujud dengan hadirnya buku ajar Kapita Selekta Pendidikan sebagai panduan perkuliahan di Perguruan Tinggi. Penulis menyadari buku ini belumlah sempurna baik dari materi dan susunannya.

Buku Ajar Bahasa Indonesia Edisi Revisi

Ada sebuah pepatah “Buku adalah jendela dunia”. Pepatah tersebut mengandung arti bahwa kegiatan membaca memegang peranan penting dalam sebuah kehidupan sebab dapat memperluas wawasan dan pengetahuan. Dengan wawasan dan pengetahuan tersebut, mahasiswa akan dapat menyikapi segala sesuatu dengan lebih baik. Dengan wawasan dan pengetahuan tersebut pulalah seseorang dapat membela Indonesia dengan bersikap bijak dan kritis terhadap tulisan di media. Mahasiswa tidak akan mudah terbawa arus berita atau informasi yang tidak relevan dan tidak akan mudah tertipu oleh pihak-pihak tertentu yang ingin memecah belah Indonesia. Hingga pada akhirnya, mahasiswa akan mampu membela dan membuat Indonesia menjadi negara maju dengan mengambil hal-hal penting dari berbagai bacaan, baik dari dalam maupun luar negeri. Tujuan penyusunan buku ini adalah membantu mahasiswa untuk memperoleh bahan ajar yang mampu meningkatkan kompetensi berbahasa dan bersastra Indonesia, khususnya literasi yang memiliki wawasan kebangsaan dan bela negara. Berdasarkan peta kompetensi, buku ini bersisi pendahuluan dan materi singkat yang terangkum dalam 9 kegiatan pembelajaran. Pada setiap kegiatan pembelajaran terdapat pengantar dan tujuan pembelajaran, uraian materi, dan perlatihan. Pembagian masing-masing bab dalam buku ini adalah sebagai berikut. Bab I : Sejarah, Fungsi, dan Kedudukan Bahasa Indonesia Bab II : Ragam dan Laras bahasa Bab III : Penulisan Kalimat Efektif Bab IV : Ejaan Bahasa Indonesia Bab V : Paragraf Bab VI : Teknik Penulisan Kutipan, Daftar Pustaka, dan Daftar Rujukan Bab VII : Literasi Fiksi dan Nonfiksi

Literasi yang merupakan jiwa dari mata kuliah Bahasa Indonesia tersebut dapat dioptimalkan peranannya untuk menambah wawasan kebangsaan dan bela negara. Hal tersebut sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen ...

Buku Ajar Bahasa Indonesia

modul MKU Bahasa Indonesia ditulis dengan tujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar yang berwawasan kebangsaan dan bela negara. Dengan dikuasainya bahasa Indonesia, mahasiswa diharapkan dapat lebih cinta dan bangga terhadap Indonesia. Selanjutnya, dengan rasa cinta tersebut, mahasiswa akan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi yang pada akhirnya akan dapat memiliki dan mewujudkan nilai-nilai dari wawasan kebangsaan dan bela negara.

Direktur jenderal pendidikan tinggi Nomor 19 Tahun tentang standar nasional pendidikan menetapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan tinggi wajib memuat mata kuliah pendidikan agama pendidikan kewarganegaraan, bahasa Indonesia, ...

Buku Ajar Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi

Tantangan bangsa mengenai eksistensi Pancasila pada jenjang pendidikan sangatlah urgen di tengah memudarnya pemahamanan dan pengamalan pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Harapannya nyata, pancasila harus selalu membumi pada bidang pendidikan utamanya pada pendidikan tinggi. Buku Ajar Pendidikan Pancasila ini selain tetap berpegang teguh pada KKNI, juga tetap mengaitkan berbagai pembahasan/materi dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Meskipun secara mekanisme, perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama belum melaksanakan Kurikulum Merdeka Belajar. Secara sepintas, buku ajar ini tetap mengakomodir hal-hal yang bisa dimasukkan ke dalam buku ajar.

Indonesia, yaitu Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia disebut juga Bahasa pemersatu bangsa Indonesia. Selain bahasa, perilaku kehidupan bangsa Indonesia juga bebeda dengan bangsa lainya, misalnya adanya gotong royong atau kerja bakti di ...

Buku Besar Bahasa Indonesia

Untuk SD/SMP/SMA

Buku ini memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut. 1. Buku ini superlengkap, karena menyajikan semua materi bahasa Indonesia yang berkaitan dengan pelajaran di sekolah. 2. Materi dalam buku ini disajikan dengan detail, terstruktur, dan mudah dipahami. 3. Dilengkapi dengan ejaan bahasa Indonesia versi terbaru. 4. Bisa digunakan oleh semua kalangan siswa, mulai dari jenjang SD, SMP, sampai SMA. 5. Ditulis oleh tim penulis yang ahli dan berkompeten di bidang bahasa Indonesia. Buku Persembahan Penerbit Bmedia

2007. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo. Jannah, Izzatul. 2003. Gadis dalam Kaca. Solo: D&D Publishing. K.S, Yudiono. 2007. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Jakarta: PT.

BUKU AJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PANDUAN KULIAH DI PERGURUAN TINGGI

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penyusunan buku ajar yang berjudul Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini dapat diselesaikan dengan baik. Hal tersebut tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak yang mengharapkan adanya buku ajar ini sebagai panduan pembelajaran mata kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Buku yang tengah ada dihadapan pembaca saat ini adalah kumpulan materi-materi ajar, baik itu mata kuliah Pancasila maupun mata kuliah Kewarganegaraan. Disusunnya bahan ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini diharapkan dapat menjadi opsi referensi bagi para dosen/pendidik dan mahasiswa dan civitas academica yang ada di Universitas Sembilanbelas November Kolaka pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Tak lupa pula penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku ini. Akhirnya, harapan penulis sejak lama dapat terwujud dengan hadirnya buku ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini sebagai panduan perkuliahan mata kuliah PPKn. Sebagaimana penyusunan buku ajar yang lain, penulis menyadari bahwa buku ini belumlah sempurna baik dari materi dan susunannya. Dengan lapang dada dan kerendahan hati, penyusun bersedia untuk diberi saran dan kritik yang bersifat membangun guna memperbaiki buku ini agar lebih baik lagi.

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penyusunan buku ajar yang berjudul Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini dapat diselesaikan dengan baik.