Sebanyak 401 item atau buku ditemukan

Kepuasan Kerja dan Subjective Well-Being dari Perspektif Psikologi Industri & Organisasi

Kepuasan kerja dan subjective well-being merupakan topik yang sangat sering dibahas dalam psikologi industri dan organisasi. Kepuasan kerja merupakan unsur yang penting bagi setiap karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan dan organisasi. Banyak faktor yang memengaruhi seseorang bisa memperoleh kepuasan kerja, misalnya gaya kepemimpinan, kompetensi interpersonal, komitmen organisasi terhadap karyawannya, spiritualitas, makna hidup, pengelolaan stres, dan lain sebagainya. Selain kepuasan kerja, kesejahteraan subjektif (subjective well-being) juga menjadi topik yang sering dibahas dalam ranah psikologi. Betapa subjective well-being seseorang bisa meningkat melalui intervensi terhadap kecerdasan emosionalnya. Kreativitas seorang pekerja ternyata bisa meningkat bila dia memiliki passion dan subjective well-being yang memadai. Semua faktor tersebut terangkum dengan baik dalam buku ini. Meskipun buku ini berisi uraian padat, tetapi tetap mudah dipahami karena dikemas dengan bahasa populer. Oleh sebab itu, buku ini sangat cocok untuk Anda yang tertarik dengan permasalahan kepuasan kerja dan untuk Anda yang berkecimpung dalam dunia kerja.

Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Radjasa, S. 2012. “Hidden cost of employee turnover”. Dikutip tanggal 7 Desember 2012 dari http://www.portalhr.com/komunitas/opini/ hidden-cost-of-employee-turnover/.

Keterikatan Kerja dalam Konteks Psikologi Industri/Organisasi

Buku Keterikatan Kerja dalam Konteks Psikologi Industri/Organisasi ini dapat mengupas lebih dalam sikap dan perilaku karyawan dalam bekerja yang diekspresikan dalam bentuk fisik maupun psikis. Hal yang dituangkan dalam buku ini adalah penelitian keterikatan kerja dihubungkan dengan berbagai aspek yang berperan, yaitu aspek-aspek iklim organisasi, work life balance, meaning of work, calling of work, job demands, job resources, kepemimpinan, modal psikologis, work passion, nilai individual, kesesuaian individu-organisasi, job insecurity, dan organization-based self-esteem. Demikian pula dengan sampel penelitian dilakukan pada studi yang beragam, yaitu pada karyawan tetap, karyawan kontrak, profesi teknologi informasi, karyawan BUMN, karyawan swasta, karyawan pemda, dan karyawan dewasa muda. Pembaca bisa membacanya dari bagian mana saja. Hal yang penting adalah pembaca mendapatkan nilai dan memahami bagaimana harapan untuk keterikatan kerja ke depannya. Harapan penulis kiranya buku ini dapat memberikan inspirasi pembaca dalam bertindak di organisasi/perusahaan dan masyarakat. Bisa pula menjadi rujukan dalam melakukan penelitian lanjutan. Setiap topik yang diulas diberi uraian akan sebab dan akibatnya sehingga pembaca akan lebih mudah memahaminya.Buku Keterikatan Kerja dalam Konteks Psikologi Industri/Organisasi ini dapat mengupas lebih dalam sikap dan perilaku karyawan dalam bekerja yang diekspresikan dalam bentuk fisik maupun psikis. Hal yang dituangkan dalam buku ini adalah penelitian keterikatan kerja dihubungkan dengan berbagai aspek yang berperan, yaitu aspek-aspek iklim organisasi, work life balance, meaning of work, calling of work, job demands, job resources, kepemimpinan, modal psikologis, work passion, nilai individual, kesesuaian individu-organisasi, job insecurity, dan organization-based self-esteem. Demikian pula dengan sampel penelitian dilakukan pada studi yang beragam, yaitu pada karyawan tetap, karyawan kontrak, profesi teknologi informasi, karyawan BUMN, karyawan swasta, karyawan pemda, dan karyawan dewasa muda. Pembaca bisa membacanya dari bagian mana saja. Hal yang penting adalah pembaca mendapatkan nilai dan memahami bagaimana harapan untuk keterikatan kerja ke depannya. Harapan penulis kiranya buku ini dapat memberikan inspirasi pembaca dalam bertindak di organisasi/perusahaan dan masyarakat. Bisa pula menjadi rujukan dalam melakukan penelitian lanjutan. Setiap topik yang diulas diberi uraian akan sebab dan akibatnya sehingga pembaca akan lebih mudah memahaminya.

Organizational climate and culture. Annual Reviews of Psychology 64, 361388. Shaleh, A. R. 2016. Analisis faktor skala totalitas kerja (Work engagement). Umar, Husein. 2013. Desain penelitian MSDM dan perilaku ...

Psikologi Umum Dasar

Tema-tema yang dipelajari dalam psikologi sebenarnya merupakan tema-tema yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, tes psikologi, perasaan traumatik akibat peristiwa masa lalu, kehilangan motivasi, proses berpikir, pola asuh, tingkatan kesadaran, mimpi, konsep diri, kecerdasan, gangguan kejiwaan, dan isu-isu kesehatan mental pada umumnya. Buku Psikologi Umum Dasar ini disusun untuk memberikan dasar-dasar pemahaman yang tepat tentang psikologi. Buku ini terdiri dari beberapa bab, mulai dari selayang pandang tentang psikologi (pengertian, psikologi sebagai ilmu pengetahuan, manfaat mempelajari psikologi); penjelasan tentang mazhab dan cabang dari psikologi; pembahasan tentang kepribadian (definisi kepribadian dan berbagai tipologi kepribadian serta cara mengetahui kepribadian); abnormalitas kejiwaan beserta psikoterapinya; pertumbuhan dan perkembangan manusia dari prenatal sampai dengan lanjut usia; serta proses berpikir dan kecerdasan. Isinya yang komprehensif menjadikan buku ini mesti dimiliki dan dibaca oleh mahasiswa psikologi dan semua pihak yang ingin mengenal psikologi secara lebih luas. Buku persembahan penerbit PrenadaMediGroup #Kencana #PrenadaMedia

Beberapa tema yang termasuk ke dalam kajian psikologi industri dan organisasi adalah kohesivitas, motivasi berprestasi, motivasi kerja, konflik, stres kerja, manajemen sumber daya manusia, rekrutmen, seleksi, penempatan kerja, burnout, ...

Psikologi Manajemen

Manajemen merupakan sebuah proses kegiatan yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan yang telah ditetapkan dan ditentukan sebelumnya untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien. Pendidikan karakter di sekolah juga sangat terkait dengan manajemen atau pengelolaan sekolah. Pengelolaan yang dimaksud adalah bagaimana pendidikan karakter direncanakan (planning), dilaksanakan (actuating), dan dikendalikan (evaluation) dalam kegiatan-kegiatan pendidikan di sekolah secara memadai. Penerapan psikologi dalam situasi praktis berdasarkan pada pengetahuan ilmiah tentang tingkah laku. Jadi bukan dengan cara common sense, melainkan menggunakan prinsip-prinsip psikologi secara sistematis. Kehadiran buku ini merupakan bagian dari sumbangsih pemikiran penulis untuk mengkaji/membahas tentang psikologi manajemen karena psikologi merupakan ilmu tentang tingkah laku. Pada hakikatnya tingkah laku manusia itu sangat luas, semua yang dialami dan dilakukan manusia merupakan tingkah laku. Semenjak bangun tidur sampai tidur kembali manusia dipenuhi oleh berbagai tingkah laku. Dengan demikian objek ilmu psikologi sangat luas, akan tetapi di dalam buku ini fokus membahas tentang psikologi manajemen. Buku ini sangatlah penting bagi mahasiswa dan pendidik yang sedang mendalami bidang psikologi atau pendidikan karakter. Buku ini juga sangat penting bagi pendidik, tenaga pendidik, kepala sekolah, dan peserta didik untuk memahami konsep psikologi. Psikologi Manajemen ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2006. Sopiah. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset. 2008. Stephen P. Robbins. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat, 2007. Steven S. Stein Dan Howard.

Psikologi Industri dalam Perspektif Sistem Industri

Buku ini dibagi dalam empat bab utama yaitu Pengantar Psikologi Industri, Perilaku Individu, Perilaku Kelompok, dan Perilaku Organisasi. Keempat bab tersebut diperjelas dalam subbab yang lebih fokus pada topik-topik yang relevan.

Buku ini dibagi dalam empat bab utama yaitu Pengantar Psikologi Industri, Perilaku Individu, Perilaku Kelompok, dan Perilaku Organisasi. Keempat bab tersebut diperjelas dalam subbab yang lebih fokus pada topik-topik yang relevan.

Confirmatory Factor Analysis untuk Penelitian Psikologi dengan Amos dan SmartPLS

Buku Terbaru BQND Publishing House Confirmatory Factor Analysis untuk Penelitian Psikologi dengan AMOS dan SMARTPLS ISBN: 978-623-95219-5-0 Structural Equation Modeling (SEM) dianggap sebagai metode tingkat lanjut dari analisis multivariat. Kita sebagai psikolog maupun ilmuwan psikolog patut berbangga memiliki Charles Spearman yang mengemukakan versi pertama dari analisis faktor yang merupakan salah satu dasar dari SEM. Buku ini sengaja ditulis dengan cara yang sederhana. Bahasa dibuat lugas agar mudah dipahami oleh semua kalangan pembaca bahkan yang tidak memiliki latar belakang kuantitatif yang kuat sekalipun. Penggunaan simbol persamaan matematika diminimalisir dengan alasan agar tidak menakutkan bagi pembaca yang tidak menyukai statistik karena tidak mau berdekatan dengan simbol-simbol rumit, rumus persamaan dan hal matematis lainnya. Ketika membahas analisis statistik, hampir pasti selalu dihubungkan dengan piranti lunak yang bisa digunakan untuk membantu mempermudah analisis tersebut. Salah satu piranti lunak yang penulis anggap mudah dan bisa dicoba ketika kita akan memasuki dunia SEM adalah AMOS dan SMART PLS. Diharapkan dengan adanya buku ini, penelitian psikologi (skripsi) bergerak dari analisis inferensial biasa (regresi) ke arah analisa berbasis kausal (SEM). Silahkan melakukan pre order buku ini (di cetak terbatas sesuai dengan order yang diterima) ke wa 081323337999 Salam BQND Publishing House

Buku Terbaru BQND Publishing House Confirmatory Factor Analysis untuk Penelitian Psikologi dengan AMOS dan SMARTPLS ISBN: 978-623-95219-5-0 Structural Equation Modeling (SEM) dianggap sebagai metode tingkat lanjut dari analisis multivariat.

Understanding Abnormal Child Psychology

In Understanding Abnormal Child Psychology, students will learn about both normative and abnormal development throughout children’s lives. Consistent with previous editions, several themes run throughout the book: Developmental psychopathology: Children's and adolescents' behaviors are on a continuum (from very adaptive to very maladaptive), with only the very severe ends of the spectrum being conceptualized as disorders. Diversity, inclusion, and understanding: Special attention is given to issues of race/ethnicity, gender, family constellation, religious orientation, primary language, socioeconomic status, and physical differences to help students see the commonalities and differences of abnormal child behavior within a cross-cultural and international context. New to the 4th edition Completely revised in both structure and content to reflect the DSM-5 Increase coverage of risk factors related to long-term effects of sexual abuse and bullying. Increased coverage of diversity to include new "diversities" that have emerged as important, i.e. transgender children New research on suicide and suicide prevention

Consistent with previous editions, several themes run throughout the book: Developmental psychopathology: Children's and adolescents' behaviors are on a continuum (from very adaptive to very maladaptive), with only the very severe ends of ...

Introduction to Abnormal Child and Adolescent Psychology

Robert Weis' third edition of Introduction to Abnormal Child and Adolescent Psychology adopts a developmental psychopathology approach to understanding child disorders. Using case studies, this perspective examines the emergence of disorders over time, pays special attention to risk and protective factors that influence developmental processes and trajectories, and examines child psychopathology in the context of normal development. Designed to be flexible via its focused modular organization, the text reflects the latest changes to the DSM (DSM 5, 2013) and is updated with new research and developments in the field.

Designed to be flexible via its focused modular organization, the text reflects the latest changes to the DSM (DSM 5, 2013) and is updated with new research and developments in the field.

Abnormal Child Psychology

Through their thoughtful and accurate balance of developmental, clinical-diagnostic, and experimental approaches to child and adolescent psychopathology, Eric Mash and David Wolfe's ABNORMAL CHILD PSYCHOLOGY remains the most authoritative, scholarly book in today's abnormal child psychology market. Appropriate for novice and expert alike, this book traces the developmental course of each disorder and shows how biological, psychological, and sociocultural factors interact with a child's environment. Since one of the best ways to introduce students to a particular problem of childhood or adolescence is to first describe a real child, the authors begin each chapter with engaging first-person accounts and case histories of a child with a particular disorder. This child is then referred to throughout the entire chapter, illustrating the categorical and dimensional approaches used to describe disorders, as well as bringing life to the theories Mash and Wolfe present. Embracing today's world with leading-edge coverage of the DSM-IV-TR and dimensional approaches to classification, Mash and Wolfe's comprehensive introduction covers many topics: evidence-based assessment and treatment, contemporary research and cutting-edge theories related to the predominantly inattentive ADHD subtype, early-onset and the developmental propensity model of conduct disorder, the triple vulnerability model of anxiety, the tripartite model in children, depression, and autism.

Appropriate for novice and expert alike, this book traces the developmental course of each disorder and shows how biological, psychological, and sociocultural factors interact with a child's environment.

Advanced Abnormal Child Psychology

There was a time when abnormal child psychology was the stepchild of abnormal psychology, with perhaps one or two chapters in an entire advanced textbook devoted to children. Given the explosive amount of new research on child development in general since the 1980s, "stepchild" is obviously no longer a valid characterization. Indeed, in the last 15 years, many new journals devoted to childhood problems have made their appearance on library bookshelves. The first edition of this book was assembled in an effort to integrate the empirical and clinical literatures and show the advanced undergraduate and beginning graduate student the breadth and depth of our existing knowledge about the disorders that manifest themselves early in development. Now, since its publication in 1995, a great deal more work has been done. This revised and expanded second edition includes much new material from the first edition authors and from several new ones, all respected experts in the field. Part I offers an overview. It outlines: *historical developments with documentation of the neglect and abuse that children suffered at the hands of society well into the 20th century; *developmental psychopathology as a theoretical framework to guide research and clinical efforts; *psychophysiological determinants of behavior, with special attention focused on childhood autism, and attention deficit and antisocial conduct disorders; *theoretical, methodological, and practical considerations involved in determining investigatory paths including sampling, design selection, measurement, data analysis, and pragmatics; and *the reactions of children, families, and society to complex and diverse child health problems. Part II addresses assessment and treatment issues. It discusses: *behavioral treatment of childhood disorders and multiple case examples of commonly used techniques; *new developments in pharmacological treatment and sound guidelines for the consideration of pharmacotherapy; and *formulations and a review of preventive interventions. Part III examines specific disorders of childhood and adolescence. It discusses: *anxiety disorders, affective and mood disorders, mental retardation, autism, specific developmental disorders, conduct disorder, attention-deficit hyperactivity disorder (ADHD), and eating disorders; *psychological aspects of pediatric disorders--interventions tailored to the needs of the child and family to maximize adaptation and recovery; and *substance use disorders--ranging from models emphasizing social influences to those focusing on biological vulnerabilities. Each chapter in Part III has an identical structure--clinical description, causes, course, familial contributions, psychological and genetic influences, current treatments, summary--and includes numerous case illustrations.

The first edition of this book was assembled in an effort to integrate the empirical and clinical literatures and show the advanced undergraduate and beginning graduate student the breadth and depth of our existing knowledge about the ...