Sebanyak 17 item atau buku ditemukan

Metode Penulisan Karya Ilmiah

Hampir setiap fakultas, bahkan program studi menerbitkan pedoman penulisan karya ilmiah, baik skripsi, tesis, maupun disertasi. Akan tetapi, kebanyakan pedoman tersebut hanya memuat bagian-bagian dan format sebuah proposal serta bagian-bagian dan format skripsi, tesis, dan disertasi. Pedoman tersebut pada umumnya tidak memuat bagaimana suatu ide dan argumen dapat dikemas dengan kriteria karya ilmiah serta memiliki ciri sebagai karangan efektif yang mudah dipahami. Banyak pihak menganggap bahwa penulisan karya ilmiah telah diperoleh oleh mahasiswa pada matakuliah Bahasa Indonesia. Namun, kadangkala anggapan itu tidak sesuai dengan yang terjadi. Kondisi di lapangan menunjukkan bahwa (i) matakuliah Bahasa Indonesia hanya 2 sks sehingga tidak cukup waktu bagi mahasiswa untuk melakukan banyak latihan, sedangkan menulis adalah sebuah skill yang harus banyak latihan; (ii) matakuliah Bahasa Indonesia seringkali diampu oleh dosen yang tidak kompeten sehingga ada kemungkinan penyederhanaan masalah ketika terdapat persoalan ketata-bahasaan yang dihadapi mahasiswa; (iii) matakuliah Bahasa Indonesia diampu oleh dosen yang jarang berkoordinasi dengan program studi sehingga ada kemungkinan ketidaksesuaian antara materi kuliah dengan learning outcome program studi; dan (iv) matakuliah Bahasa Indonesia tidak dimulai dari need assessment terhadap mahasiswa sehingga ada kemungkinan pengulangan dengan materi di SMA atau mengabaikan kepiawaian menulis yang telah dimiliki oleh mahasiswa. Buku ini ditulis berdasarkan pengamatan terhadap pedoman-pedoman karya ilmiah perguruan tinggi, buku-buku Bahasa Indonesia di SMA dan di perguruan tinggi, serta pengalaman mengajar matakuliah Bahasa Indonesia di sejumlah perguruan tinggi. Buku ini memberi penjelasan adanya kesatuan konsep dan keterikatan makna antara satu satuan bahasa dengan satuan bahasa yang lain. Selain itu, buku ini memberi penjelasan yang komprehensif sekaligus mendalam mengenai teknik menulis karya ilmiah sehingga mudah diaplikasikan oleh mahasiswa dari program studi apa saja.

Hampir setiap fakultas, bahkan program studi menerbitkan pedoman penulisan karya ilmiah, baik skripsi, tesis, maupun disertasi.

FILSAFAT ISLAM SEBUAH WACANA KEFILSAFATAN KLASIK HINGGA KONTEMPORER

Dalam banyak kalangan, filsafat dipersepsi sebagai sebuah pengetahuan yang menyeramkan, susah, ruwet, dan membingungkan. Sehingga sering terdengar ungkapan para penikmat filsafat “Kebingungan adalah awal dari terkuaknya kebenaran”. Namun demikian, benarkah filsafat merupakan suatu disiplin yang tidak membumi. Sehingga tidak banyak orang yang sudi mendekatinya, Secara sederhana, filsafat dapat dimaknai sebagai metodologi berfikir. Dengan demikiran, jika berfikirnya secara metodis maka sudah pasti akan dilakukan secara sistematis (terencana, step by step), komprehensip (Menyeluruh /Multiperspektif) dan radikan(Berfikir keras, sampai pada hakikat yang dapat difikirkan). Pada tahap inilah kemudian filsafat seakan menjauh dari kebanyakan orang yang gemar berfikir sederhana. Sementara itu, filsafat sebagai sebuah metodologi berfikir, memiliki tiga cabang (landasan) yang dapat digunakan untuk menetap sebuah proyek sudah layak disebut sebagai ilmu atau tidak. Yaitu pertama disebut landasan ontologis; cabang ini menguak tentang objek apa yang ditelaah ilmu. Bagaimana hubungan antara objek tadi dengan daya tangkap manusia (seperti berpikir, merasa dan mengindra) yang membuakan pengetahuan. Kedua disebut dengan landasan epistemologis; berusaha menjawab bagaimana proses pengetahuan itu diperoleh. Mulai dari sumber pengetahuan, metode mendapatkan pengetahuan, sampai pada verifikasi / pemeriksaan tentang ilmu yang diperoleh. Sedang yang ketiga disebut dengan landasan aksiologi; landasan ini akan menjawab, untuk apa pengetahuan yang berupa ilmu itu dipergunakan. Bagaimana kaitan anatar acara penggunaan tersebut dengan kaidah-kaidah normal.

Dalam banyak kalangan, filsafat dipersepsi sebagai sebuah pengetahuan yang menyeramkan, susah, ruwet, dan membingungkan.

Belajar Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi

Buku ajar ini bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi, terutama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di bawah Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Kementerian Agama Republik Indonesia. Buku ini juga merupakan sebuah buku dari hasil pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang penulis ajarkan kepada mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatunnajah Bekasi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

Buku ajar ini bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi, terutama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di bawah Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Kementerian Agama ...

Seri Terampil Menulis Bahasa Indonesia

Kosakata

Pada zaman sekarang, menulis bukan sekadar keterampilan bahasa atau komunikasi, tetapi bagian penting kecakapan literasi. Bersama membaca, menulis menjadi pondasi penting kecakapan berpikir kritis dan kreatif, yang merupakan inti literasi, yang sangat dibutuhkan pada zaman Revolusi Industri 4.0. Dengan menulis—selain membaca—dapat diasah, dilatih, dan ditingkatkan kecakapan berpikir yang logis dan etis untuk memperkuat kekritisan dan kekreatifan tiap individu. Untuk menguatkan, menajamkan, atau meningkatkan keterampilan menulis bahasa Indonesia, seseorang perlu menguasai seluk-beluk kosakata bahasa Indonesia. Kekayaan dan keberagaman kosakata bahasa Indonesia menggambarkan keluasan, kedalaman, bahkan ketinggian pikiran dan perasaan seseorang. Untuk itu, saat literasi sudah menjadi salah satu hak asasi dan sendi peri kehidupan masa kini dan masa depan, secara memadai setiap orang perlu menguasai kosakata suatu bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Penguasaan itu bisa dan perlu dipelajari, baik secara mandiri maupun melalui pelajaran, bukan terberi secara alamiah melalui kebiasaan bercakap-cakap saja. Buku Kosakata ini, membantu memperluas dan meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia agar pembaca dapat mengungkapkan dan mengembangkan pikiran, gagasan, dan perasaan dengan benar, cermat, tepat, serasi, dan segar dalam bentuk tulisan. Dalam buku ini, pembaca dilatih dan dipandu untuk memperkaya kosakata, memilih dan menggunakan kata, mengayakan dan menggunakan istilah, dan mencermati berbagai gejala bahasa, khususnya gejala perbendaharaan kata. Buku ini dapat digunakan oleh siswa, mahasiswa, guru, dosen, dan kalangan umum yang ingin memperkaya kosakata bahasa Indonesianya.

Pada zaman sekarang, menulis bukan sekadar keterampilan bahasa atau komunikasi, tetapi bagian penting kecakapan literasi.

Bahasa Indonesia Cendekia

Mata Kuliah Wajib Umum Bahasa Indonesia

Dulu, dulu sekali. Saat sebelum manusia diciptakan, Tuhan telah menitipkan rasa percaya kepada mereka. Tuhan yakin, bahwasanya manusia dapat menjadi khalifah di muka bumi, bahkan sebelum Adam dilahirkan. Malaikat-malaikat yang suci dari dosa meragu dan cemburu. Mereka yang selalu mengerjakan perintah Tuhan dan tak pernah membangkang, tidak yakin dengan keputusan Tuhan. “Apakah Engkau akan menjadikan orang-orang yang merusak dan menumpahkan darah? Sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu!”­ (Bahasa Indonesia Cendekia) “Bahasa Indonesia Cendekia” ini adalah revisi buku Mukodas yang berjudul “Rekreasi Bahasa Indonesia” yang pernah diterbitkan oleh Langit Arbitter. Setelah beberapa tahun menggunakannya, dia merasa perlu melengkapi bagian-bagian yang kurang, sehingga jadilah buku ini. Diambil judul ini karena memang dikhususkan agar pembaca bisa lebih menjadi berilmu dan bercendekia ketika menggunakan Bahasa Indonesia. Meski isinya berupa materi ajar, Mukodas menggunakan tuturan yang seakan-akan bercerita, agar lebih mengena untuk mahasiswa.

Meski isinya berupa materi ajar, Mukodas menggunakan tuturan yang seakan-akan bercerita, agar lebih mengena untuk mahasiswa.

Pengembalian Aset Tindak Pidana Korupsi

Pendekatan Hukum Progresif

Usaha pengembalian aset negara “yang dicuri” (stolen asset recovery) dalam tindak pidana korupsi seringkali menimbulkan fenomena yang problematis bahkan dramatis. Karenanya, hampir tidak ada pelaku yang mengakui dan menyerahkan secara sukarela aset hasil korupsi. Sebaliknya para pelaku umumnya memiliki akses yang luar biasa dan sulit terjangkau hukum dalam menyembunyikan aset hasil tindak pidana korupsi. Masalah pengembalian aset semakin rumit ketika aparat penegak hukum tidak memiliki keberanian, ketegasan dan inovasi dalam menegakkan hukum dan merampas aset dari tangan para koruptor. Paradigma memberantas korupsi telah berkembang tidak hanya menggunakan pendekatan follow the suspect (menghukum pelaku) tetapi telah bergeser ke arah pendekatan follow the money, dan follow the asset (merampas uang dan aset). Perkembangan paradigma ini menuntut penegak hukum masa kini untuk berhukum secara progresif sebagai bagian dan proses searching for the truth (pencarian kebenaran) dan searching for justice (pencarian keadilan) yang tidak pernah berhenti. Penegak hukum yang progresif akan selalu setia pada asas besar bahwa “Hukum adalah untuk manusia” karena kehidupan manusia penuh dinamika dan terus berubah dari waktu ke waktu.

Usaha pengembalian aset negara “yang dicuri” (stolen asset recovery) dalam tindak pidana korupsi seringkali menimbulkan fenomena yang problematis bahkan dramatis.

MATERI UTAMA BAHASA INDONESIA SMP

Buku Pendamping Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP plus Pendalaman dan latihan soal

Buku Materi Utama Bahasa Indonesia ini disusun berdasarkan muatan materi pada Permendikbud No. 24 Tahun 2016 dan Kisi-Kisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia 2018. Buku pendamping dan pegangan ini sangat penting bagi guru pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia dan para siswa SMP. Kenapa? Ya. Karena buku ini memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai berbagai jenis teks yang dipelajari di jenjang SMP, mulai dari jenis, fungsi , struktur, dan kaidah kebahasaannya. Selain itu juga, terdapat pembahasan soal dan lima paket soal yang berkenaan dengan materi yang akan diujikan dalam Ujian Nasional (UN). Penulis berharap hadirnya buku yang berada di tangan Anda ini, dapat membantu memahami materi dan soal secara utuh di kisi-kisi 2018 dan capaian Kompetensi Dasar (KD). Pada akhirnya, proses pembelajaran menjadi jauh lebih baik dan hasil UN dapat meningkat secara signifikan.

Buku Materi Utama Bahasa Indonesia ini disusun berdasarkan muatan materi pada Permendikbud No. 24 Tahun 2016 dan Kisi-Kisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia 2018.

Akulturasi Lintas Zaman di Lasem: Perspektif Sejarah dan Budaya (Kurun Niaga-Sekarang)

Buku tentang “Akulturasi Lintas Zaman di Lasem: Perspektif Sejarah dan Budaya (Kurun Niaga-Sekarang)”, tulisan Dwi Ratna Nurhajarini, dkk menguraikan tentang persoalan akulturasi yang terjadi di Lasem. Buku ini mendeskripsikan bagaimana persoalan akulturasi antara tiga etnis (Jawa, Arab, Tionghoa) di Lasem, ternyata bisa berlangsung secara harmoni. Wujud akulturasi ini bisa membentuk sebuah konfigurasi budaya yang sangat manis dan dinamis tanpa harus memunculkan persoalan. Harmoni ini tentunya patut untuk dijaga. Hal menarik dari isi buku ini adalah penulis bisa menggambarkan bentuk keharmonisan tersebut baik dalam wujud bahasa, arsitektur, batik, tradisi dan ritual.

Namun begitu dalam beberapa penggal keterangannya Handinoto menyebutkan tentang adanya unsur-unsur baru dalam arsitektur ... Hal itu bertujuan untuk membedakan antara tulisan yang pernah dipublikasikan dengan hasil penulisan ini serta ...

Strategi Integrasi Desain Rekayasa pada Pembelajaran IPA

Buku ini menyajikan arahan bagaimana guru dapat mengintegrasikan desain rekayasa dalam pembelajaran IPA serta contoh strategi pembelajaran yang dapat diimplementasikan. Semoga kehadiran buku ini dapat membantu para guru dalam mengembangkan pembelajaran berbasis STEM.

Buku ini menyajikan arahan bagaimana guru dapat mengintegrasikan desain rekayasa dalam pembelajaran IPA serta contoh strategi pembelajaran yang dapat diimplementasikan.

Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran

Buku Perspektif Islam tentong Strestel Pembelajaran ini berbicara tentang kerangka konseptual ilmiah strategi pembelajaran dan aplikasinya dalam pendidikan Islam. Pada bagian awal, dikupas paradigma baru pendidikan dan manusia sebagai makhluk belajar serta hubungan jiwa dan fitrah dengan kegiatan belajar mengajar. Selanjutnya, pokok bahasan berkisar pada berbagai aliran dalam pendidikan dan pembelajaran, konsep, teori, dan metode dalam belajar serta mengajar. Di bagian akhir, buku ini ditutup dengan paparan mengenai keberhasilan belajar mengajar, faktor yang memengaruhinya dan pandangan Islam mengenai keberhasilan belajar mengajar. --- Buku persembahan penerbit Prenadamedia Kencana

Buku Perspektif Islam tentong Strestel Pembelajaran ini berbicara tentang kerangka konseptual ilmiah strategi pembelajaran dan aplikasinya dalam pendidikan Islam.