Sebanyak 8497 item atau buku ditemukan

Langkah Kritis & Kontemporer Menulis Buku Ajar Perguruan Tinggi

Menulis diktat atau modul perkuliahan mungkin bukan hal baru bagi para intelektual kampus kita. Akan tetapi, menulis buku ajar, terutama yang berbasis penelitian, ternyata membutuhkan suatu paradigma kritis dan kontemporer sehubungan dengan upaya para intelektual kampus kita dalam membuka wawasan mahasiswanya terhadap penemuan yang berciri-ciri keindonesiaan atau penemuan yang benar-benar made in Indonesia. Buku ini dimaksudkan untuk menjawab tantangan tersebut, yakni bagaimana cara menulis buku ajar dalam paradigma kritis. Paradigma kritis yang kontemporer tersebut bertalian dengan tujuan etis di balik aktivitas menulis buku ajar, yakni agar mahasiwa kita terhindar dari praktik plagiarisme. Sebab, sudah menjadi habitus mahasiswa kita dewasa ini bahwa menulis tugas-tugas perkuliahan “harus” dilakukan dengan cara “kopas” (istilah mereka untuk copy & paste) dalam rangka mencari jalan pintas. Oleh karena itu, dibutuhkan paradigma yang kritis dan kontemporer dalam menulis buku ajar, yang dalam kaitan ini harus dimiliki para intelektual kampus kita dalam rangka menolak pemberhalaan terhadap metode dan teori Barat, yang selama ini dianggap seolah-olah benar atau seolah-olah hebat. Paradigma yang kritis dan kontemporer, yang melandasi penulisan buku ajar, juga terkait dengan fungsi buku ajar itu sendiri bagi mahasiswa, yakni dalam rangka mengenali, mengingat, dan menerapkan keilmuan yang diajarkan sang dosennya. Bertalian dengan hal itu, buku ini dapat dinilai “seirama” dengan tujuan visi Kemdikbud yang hendak membumikan teori-teori Barat menjadi termodifikasi dengan kebutuhan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bangsa Indonesia.

Menulis diktat atau modul perkuliahan mungkin bukan hal baru bagi para intelektual kampus kita.

Bahasa Indonesia

Mata kuliahunmempelajari Bahasa Indonesia dalam ilmu keperawatan dengan menekankan penggunaan. Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulisan berlandaskan konsep etika dalam berbahasa.

Jakarta: Depdiknas-UT Surono,dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Semarang : Farindo. Syafi'ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud. Tarigan, H.G. 1987. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

BUKU AJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK PERGURUAN TINGGI

Kahadiran buku ajar Pendidikan kewarganegaraan untuk perguruan tinggi ini, penulis terbitkan atas dasar tanggung jawab penulis sebagai dosen mata kuliah pendidikan kewarganegaraan. Penulis berharap kehadiran buku ini dapat menjadi salah satu referensi buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk perguruan tinggi. Buku ini dibuat ringkas, padat dan jelas, untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami isi buku, maka buku di kemas dalam bentuk bab per bab, yang terdiri dari Materi, rangkuman, latihan soal dan penugasan. Adapun dalam buku ajar ini terdapat Sembilan bab yang masing masing membahas tentang Filsafat Pancasila, Identitas Nasional, Hak Asasi Manusia, Hak dan Kewajiban Warga Negara, Bela Negara, Demokrasi, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional dan Politik Strategi Nasional.

Bahasa Indonesia dinilai dapat mewakili dan menyatukan bangsa Indonesia. Kendati bahasa Indonesia bukan merupakan bahasa mayoritas yang dipergunakan, karena bahasa yang mayoritas dipergunakan saat itu adalah bahasa jawa.

Buku Ajar Desain Grafis dan Multimedia

Buku ini mengupas tuntas teori mendasar Desain Grafis dan Multimedia yang dilengkapi pengimplementasian dengan menggunakan beberapa aplikasi pengolah gambar dan grafis, Aplikasi 3D dan Aplikasi Multimedia seperti Adobe Photoshop, Adobe Indesign, Coreldraw,Flash dan Blender.

Buku ini mengupas tuntas teori mendasar Desain Grafis dan Multimedia yang dilengkapi pengimplementasian dengan menggunakan beberapa aplikasi pengolah gambar dan grafis, Aplikasi 3D dan Aplikasi Multimedia seperti Adobe Photoshop, Adobe ...

Pedoman Penerbitan Buku SDU Press Dan Pencegahan Plagiasi Di Perguruan Tinggi

Buku merupakan produk kultural yang selalu digunakan untuk mengukur kemajuan peradaban sebuah bangsa. Semakin banyak dan bermutu buku yang diterbitkan, semakin maju pulalah peradaban bangsa itu. Buku Pedoman Penerbitan Buku SDU Press ini dimaksudkan untuk memberikan informasi dan panduan yang jelas dan gamblang mengenai tujuan, proses, dan hal-hal teknis yang berkaitan dengan penerbitan buku di lingkungan SDU Press. Buku Pedoman Penerbitan Buku SDU Press dan Pencegahan Plagiasi di Perguruan Tinggi ini dimaksudkan untuk memberikan informasi dan panduan yang jelas dan gamblang mengenai tujuan, proses, dan hal-hal teknis yang berkaitan dengan penerbitan buku serta pencegahan plagiasi di lingkungan Universitas Sanata Dharma.

Buku Pedoman Penerbitan Buku SDU Press dan Pencegahan Plagiasi di Perguruan Tinggi ini dimaksudkan untuk memberikan informasi dan panduan yang jelas dan gamblang mengenai tujuan, proses, dan hal-hal teknis yang berkaitan dengan penerbitan ...

Buku Ajar Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi

Tantangan bangsa mengenai eksistensi Pancasila pada jenjang pendidikan sangatlah urgen di tengah memudarnya pemahamanan dan pengamalan pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Harapannya nyata, pancasila harus selalu membumi pada bidang pendidikan utamanya pada pendidikan tinggi. Buku Ajar Pendidikan Pancasila ini selain tetap berpegang teguh pada KKNI, juga tetap mengaitkan berbagai pembahasan/materi dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Meskipun secara mekanisme, perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama belum melaksanakan Kurikulum Merdeka Belajar. Secara sepintas, buku ajar ini tetap mengakomodir hal-hal yang bisa dimasukkan ke dalam buku ajar.

Indonesia, yaitu Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia disebut juga Bahasa pemersatu bangsa Indonesia. Selain bahasa, perilaku kehidupan bangsa Indonesia juga bebeda dengan bangsa lainya, misalnya adanya gotong royong atau kerja bakti di ...

Buku Besar Bahasa Indonesia

Untuk SD/SMP/SMA

Buku ini memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut. 1. Buku ini superlengkap, karena menyajikan semua materi bahasa Indonesia yang berkaitan dengan pelajaran di sekolah. 2. Materi dalam buku ini disajikan dengan detail, terstruktur, dan mudah dipahami. 3. Dilengkapi dengan ejaan bahasa Indonesia versi terbaru. 4. Bisa digunakan oleh semua kalangan siswa, mulai dari jenjang SD, SMP, sampai SMA. 5. Ditulis oleh tim penulis yang ahli dan berkompeten di bidang bahasa Indonesia. Buku Persembahan Penerbit Bmedia

2007. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo. Jannah, Izzatul. 2003. Gadis dalam Kaca. Solo: D&D Publishing. K.S, Yudiono. 2007. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Jakarta: PT.

BUKU AJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PANDUAN KULIAH DI PERGURUAN TINGGI

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penyusunan buku ajar yang berjudul Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini dapat diselesaikan dengan baik. Hal tersebut tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak yang mengharapkan adanya buku ajar ini sebagai panduan pembelajaran mata kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Buku yang tengah ada dihadapan pembaca saat ini adalah kumpulan materi-materi ajar, baik itu mata kuliah Pancasila maupun mata kuliah Kewarganegaraan. Disusunnya bahan ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini diharapkan dapat menjadi opsi referensi bagi para dosen/pendidik dan mahasiswa dan civitas academica yang ada di Universitas Sembilanbelas November Kolaka pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Tak lupa pula penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku ini. Akhirnya, harapan penulis sejak lama dapat terwujud dengan hadirnya buku ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini sebagai panduan perkuliahan mata kuliah PPKn. Sebagaimana penyusunan buku ajar yang lain, penulis menyadari bahwa buku ini belumlah sempurna baik dari materi dan susunannya. Dengan lapang dada dan kerendahan hati, penyusun bersedia untuk diberi saran dan kritik yang bersifat membangun guna memperbaiki buku ini agar lebih baik lagi.

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penyusunan buku ajar yang berjudul Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini dapat diselesaikan dengan baik.

Buku Pintar Bahasa Indonesia SD untuk Kelas 4, 5, & 6

Orangtuaku selalu mengharapkan agar aku dapat menyelesaikan sekolah di perguruan tinggi . 4 . 3. Berikut ini adalah kalimat yang efektif , kecuali .... A. Agar supaya kita pintar , kita harus rajin belajar . B. Bunga melati ditanam di ...

Trik Asyik Menulis Buku Ajar

Trik Asyik Menulis Buku Ajar bukanlah buku motivasi yang biasa ada di pasaran. bahkan tidak ada satupun kutipan-kutipan orang terkenal yang bisa Anda temukan dalam buku ini. Sebab buku ini adalah kumpulan trik dan jurus. Cara atau teknik untuk pembaca agar bisa menulis buku ajar. Awalnya buku ini ditulis sebagai penunjang kegiatan pendampingan menulis buku ajar. Ada banyak dosen dan pakar yang masih kesulitan ketika menulis. Karena itulah dibutuhkan pendampingan kepada mereka untuk mampu menulis secara lihai. Jurus terbaik tidak diajarkan oleh guru, melainkan lahir dari dalam diri. Seorang guru berperan sebagai mentor, agar murid bisa mencapai kemampuan maksimalnya. Pengalaman dan latihan akan menempa kita untuk mampu menemukan jurus terbaik.

Misalnya buku yang akan saya tulis terkait mata kuliah MKWU Bahasa Indonesia. ... “Bahasa Indonesia Kreatif” tulisan Maman S. Mahayana, “Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi” Firman Aziz, dkk. juga buku-buku yang lain.