Sebanyak 8497 item atau buku ditemukan

Buku Teks Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum

Buku PAI pada PTU ini merupakan salah satu ikhtiar penulis dalam menyebarluaskan ilmu sekaligus untuk menyediakan bahan bacaan atau rujukan bagi peserta didik dan pendidik yang sedang melaksanakan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi umum. Buku Edisi III ini merupakan hasil pengembangan dan penyempurnaan berupa penambahan bab dan konten di dalamnya, dari materi bahan ajar yang pernah penulis sampaikan sebelumnya.

19 Tahun 2005, Bab III, Pasal 29, ayat 2, tentang Standar Nasional Pendidikan dinyatakan bahwa: “Kurikulum tingkat satuan Pendidikan Tinggi wajib memuat mata kuliah Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, ...

Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia

Ibnu, dkk (2003:2) mengatakan penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah untuk memperoleh pengetahuan yang benar tentang suatu masalah. Pengetahuan yang diperoleh dari penelitian terdiri atas fakta, konsep, generalisasi, dan teori yang kemungkinan manusia dapat memahami fenomena dan pemecahan masalah yang dihadapi. Fakta merujuk pada kenyataan yang terjadi di lapangan atau di lingkungan. Konsep mengacu pada teori yang telah ada. Generalisasi maksudnya bisa digeneralisasi untuk yang lain atau bisa digunakan untuk yang lain. Ary, dkk (1982:44) mengatakan bahwa penelitian adalah cara untuk memperoleh informasi yang berguna dan dapat dipertanggungjawabkan. Dapat juga diartikan sebagai kegiatan ilmiah untuk memperoleh pengetahuan yang benar. Ilmiah di sini maksudnya telah teruji kebenarannya. Buku Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia Mata Kuliah yang Diampu 2. Sosiolinguistik 3. Metode Penelitian Bahasa 4. Perencanaan Pengajaran Bahasa Indinesia 5. Folklor B. Riwayat Pendidikan S1 S2 Nama Perguruan Tinggi Universitas ...

Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 9

Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan dalam rangka Implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Penerbit Grasindo. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman.

igD b hing/ KG - 3/ G ulPait tinggi,lis Jika lulusan untuk melanjutkan ke perguruan SMK lebih dibatasi ruang lingkupnya jika dibandingkan dengan lulusan SMA. Sehingga rata-rata siswa SMK kesulitan untuk masuk ke perguruan tinggi.

Buku Ajar Bahasa Indonesia Edisi Revisi

ide dasar dari terbitnya buku ini adalah usaha untuk menulis perjalanan kampus dari waktu ke waktu. Ini bukan buku yang menggambarkan cerita sukses atau kisah kebesaran kampus. Menulis dan menghimpun informasi tentang kampus dan visinya adalah usaha kami untuk mempertahankan semangat untuk senantiasa berbuat yang terbaik bagi kampus. Dalam buku ini menghimpun berbagai kegiatan kampus yang berkaitan dengan inovasi yang pernah terbit di media massa. Selain itu juga, terdapat berbagai essay ringan nan visioner dari para Wakil Rektor. Menulis perjalanan bagi saya adalah upaya menjaga semangat dan mengukur diri tentang apa yang sudah kami capai dan akan kami lakukan.

Dengan amal usaha Muhammadiyah (AUM) dibidang pendidikan, dengan jumlah begitu banyak. ... Secara organisasi melalui perguruan tinggi, Muhammadiyah sangat strategis untuk mendorong generasi ini melalukan inovasi diberbagai bidang, ...

BUKU MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH ISLAM BERBASIS KEBHINNEKAAN (PSI-BK)

SEBAGAI DAYA TANGKAL RADIKALISME DI PERGURUAN TINGGI

Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jurnal Bahasa: Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya, 1(1), 60-70. Fahmi, M. (2018, April). Pura di Tanah Wali (Kontribusi Riil ...

Buku Ajar Pendidikan Agama Hindu di Perguruan Tinggi

Pendidikan Agama merupakan salah satu Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU). Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI dengan tupoksinya menerapkan kurikulum yang sesuai yaitu kurikulum yang mengandung empat unsur kompetensi pembelajaran berupa sikap, ilmu pengetahuan, pemberian keterampilan khusus dan keterampilan umum. Dengan penerapan ini diharapkan akan memberikan capaian pendidikan berupa learning outcome. Atas dasar tersebut, buku ajar pendidikan agama ini dibuat dengan tetap berperang teguh pada mekanisme dan unsur-unsur yang tertera pada kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Secara konseptual, setiap jenjang kualifikasi dalam KKNI disusun oleh empat parameter utama yaitu (1) Ilmu pengetahuan (science), (2) pengetahuan (knowledge), (3) pengetahuan praktis (know-how), (4) keterampilan (skill), (5) afeksi (affection) dan (6) kompetensi (competency). Adapun keenam parameter yang terkandung dalam masing-masing jenjang disusun dalam bentuk deskripsi yang disebut deskriptor kualifikasi. Dengan demikian ke-9 jenjang kualifikasi dalam KKNI memuat deskriptor-deskriptor yang menjelaskan kemampuan di bidang kerja, lingkup kerja berdasarkan pengetahuan yang dikuasai dan kemampuan manjerial dan dinyatakan sebagai capaian pembelajaran. Buku Ajar Pendidikan Agama Hindu ini selain tetap berpegang teguh pada KKNI, juga tetap mengaitkan berbagai pembahasan/materi dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Meskipun secara mekanisme, perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama belum melaksanakan Kurikulum Merdeka Belajar. Secara sepintas, buku ajar ini tetap mengakomodir hal-hal yang bisa dimasukkan ke dalam buku ajar. Selain itu, buku ajar ini juga disusun dengan bahasa sederhana dan mudah dicerna. Dengan bahasa-bahasa ilustrasi yang bersegmentasi pada generasi milenial. Tujuannya adalah lebih mendekatkan dengan para mahasiswa yang notabene adalah generasi milenial. Bukan hanya itu saja, bahasa yang lebih simpel, sederhana dan kekinian diharapkan mampu merubah paradigma buku agama yang cenderung kaku menjadi lebih dekat di hati anak muda.

Pendidikan Agama merupakan salah satu Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU).

Kemahiran Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi

Buku Pegangan Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 di Perguruan Tinggi

Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah wajib pada setiap universitas di Indonesia. Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Indonesia baik tulisan maupun lisan. Lebih dari itu, pada masa perkuliahan tentunya mahasiswa tidak terlepas dari berbagai kegiatan tulis-menulis dan presentasi di depan umum. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, kebutuhan masyarakat, dan kebijakan pemerintah. MKWU Bahasa Indonesia juga mengalami perubahan yakni mengacu pada kurikulum 2013. Buku Kemahiran Berbahasa Indonesia di Perguruan Tinggi: Buku Pegangan Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 di Perguruan Tinggi sangat cocok untuk menjadi referensi bagi para mahasiswa dalam meningkatkan mutu perkuliahan. Buku ini berisi tentang eksplorasi teks akademik dalam berbagai genre makro, seperti laporan buku, proposal penelitian, proposal tugas akhir, laporan penelitian, artikel ilmiah, dan esai. Buku ini juga berisi tentang cara mengembangkan kemampuan berbicara akademik, khususnya dalam presentasi.

Buku Kemahiran Berbahasa Indonesia di Perguruan Tinggi: Buku Pegangan Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 di Perguruan Tinggi sangat cocok untuk menjadi referensi bagi para mahasiswa dalam meningkatkan mutu ...