Sebanyak 63 item atau buku ditemukan

Kemahiran Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi

Buku Pegangan Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 di Perguruan Tinggi

Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah wajib pada setiap universitas di Indonesia. Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Indonesia baik tulisan maupun lisan. Lebih dari itu, pada masa perkuliahan tentunya mahasiswa tidak terlepas dari berbagai kegiatan tulis-menulis dan presentasi di depan umum. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, kebutuhan masyarakat, dan kebijakan pemerintah. MKWU Bahasa Indonesia juga mengalami perubahan yakni mengacu pada kurikulum 2013. Buku Kemahiran Berbahasa Indonesia di Perguruan Tinggi: Buku Pegangan Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 di Perguruan Tinggi sangat cocok untuk menjadi referensi bagi para mahasiswa dalam meningkatkan mutu perkuliahan. Buku ini berisi tentang eksplorasi teks akademik dalam berbagai genre makro, seperti laporan buku, proposal penelitian, proposal tugas akhir, laporan penelitian, artikel ilmiah, dan esai. Buku ini juga berisi tentang cara mengembangkan kemampuan berbicara akademik, khususnya dalam presentasi.

Buku Kemahiran Berbahasa Indonesia di Perguruan Tinggi: Buku Pegangan Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 di Perguruan Tinggi sangat cocok untuk menjadi referensi bagi para mahasiswa dalam meningkatkan mutu ...

Pengantar Psikologi Sosial

Psikologi sosial seringkali disamakan dengan ilmu sosiologi. Namun dalam pengertiannya, psikologi sosial adalah hasil irisan dari dua ilmu yang berbeda, yaitu psikologi dan sosiologi. Ilmu psikologi sosial sendiri adalah bidang ilmu yang mengkaji perilaku dan pemikiran manusia dalam dinamika sosial di masyarakat. Oleh karena itu, buku ini menjelaskan konsep-konsep dasar dalam psikologi sosial yang dapat membantu kita untuk memahami interaksi sosial yang ada di masyarakat dari kacamata psikologi. Tak hanya mengenai konsep psikologi sosial, penulis membahas metode, pendekatan, dan model penelitian dalam psikologi sosial. Selain itu, bagaimana psikologi sosial dapat digunakan dalam ruang lingkup praktis (terapan) dibahas juga dalam buku ini. Di setiap babnya, konsep-konsep psikologi sosial diuraikan dengan contoh-contoh fenomena yang secara nyata terjadi di masyarakat sehingga akan mudah dipahami oleh pembaca. Sebagai buku ajar, buku ini dilengkapi dengan rangkuman dan latihan soal di setiap akhir babnya. Tujuannya agar mahasiswa mampu memahami dan menguasai masing-masing topik psikologi sosial. Oleh sebab itu, buku ini diperuntukkan sebagai acuan dan pedoman ajar bagi mahasiswa dan para akademisi yang terkait.

Psikologi sosial seringkali disamakan dengan ilmu sosiologi.

Konsep Dasar Bahasa Indonesia

Buku ini berisi pemahaan awal mengenai konsep kebahasaan Bahasa Indonesia. Pembaca diharapkan dapat memahami berbagai konsep kebahasaan sekaligus mampu menerapkannya dalam proses komunikasi sehari-hari. Selain itu kesalahan pembelajaran terkait konsep kebahasaan diharapkan tidak terjadi lagi sebab penggunaan bahasa tersebut sudah sesuai dengan konsep ilmu kebahasaan sebagai dasar kaidahnya.

Buku ini berisi pemahaan awal mengenai konsep kebahasaan Bahasa Indonesia.

CMS Cara Menguasai Soal Bahasa Indonesia SMA dan MA Latihan Soal dan Pembahasan HOTS

bantu dalam memahami materi Bahasa Indonesia yang terlihat membosankan menjadi lebih menarik. Buku ini merupakan buku wajib untuk menghadapi berbagai ujian karena di dalamnya terdapat berbagai jenis soal latihan dari berbagai ujian, baik dari Ujian Sekolah, Ujian Nasional, hingga Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Buku ini terdiri atas 21 bab, yang mencakup seluruh materi pada Bahasa Indonesia SMA/ MA dari kelas X sampai kelas XII. Pada setiap bab, terdapat soal latihan dan pembahasannya, soal pemantapan, dan variasi soal Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri beserta pembahasannya. Soal-soal tersebut mencakup soal SBMPTN, SNMPTN, SIMAK UI, dan UTUL UGM. Buku ini juga dilengkapi soal Ujian Nasional dan soal-soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) beserta pembahasannya di akhir buku.

bantu dalam memahami materi Bahasa Indonesia yang terlihat membosankan menjadi lebih menarik.

Seri Terampil Menulis Bahasa Indonesia

Kosakata

Pada zaman sekarang, menulis bukan sekadar keterampilan bahasa atau komunikasi, tetapi bagian penting kecakapan literasi. Bersama membaca, menulis menjadi pondasi penting kecakapan berpikir kritis dan kreatif, yang merupakan inti literasi, yang sangat dibutuhkan pada zaman Revolusi Industri 4.0. Dengan menulis—selain membaca—dapat diasah, dilatih, dan ditingkatkan kecakapan berpikir yang logis dan etis untuk memperkuat kekritisan dan kekreatifan tiap individu. Untuk menguatkan, menajamkan, atau meningkatkan keterampilan menulis bahasa Indonesia, seseorang perlu menguasai seluk-beluk kosakata bahasa Indonesia. Kekayaan dan keberagaman kosakata bahasa Indonesia menggambarkan keluasan, kedalaman, bahkan ketinggian pikiran dan perasaan seseorang. Untuk itu, saat literasi sudah menjadi salah satu hak asasi dan sendi peri kehidupan masa kini dan masa depan, secara memadai setiap orang perlu menguasai kosakata suatu bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Penguasaan itu bisa dan perlu dipelajari, baik secara mandiri maupun melalui pelajaran, bukan terberi secara alamiah melalui kebiasaan bercakap-cakap saja. Buku Kosakata ini, membantu memperluas dan meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia agar pembaca dapat mengungkapkan dan mengembangkan pikiran, gagasan, dan perasaan dengan benar, cermat, tepat, serasi, dan segar dalam bentuk tulisan. Dalam buku ini, pembaca dilatih dan dipandu untuk memperkaya kosakata, memilih dan menggunakan kata, mengayakan dan menggunakan istilah, dan mencermati berbagai gejala bahasa, khususnya gejala perbendaharaan kata. Buku ini dapat digunakan oleh siswa, mahasiswa, guru, dosen, dan kalangan umum yang ingin memperkaya kosakata bahasa Indonesianya.

Pada zaman sekarang, menulis bukan sekadar keterampilan bahasa atau komunikasi, tetapi bagian penting kecakapan literasi.

Pengembalian Aset Tindak Pidana Korupsi

Pendekatan Hukum Progresif

Usaha pengembalian aset negara “yang dicuri” (stolen asset recovery) dalam tindak pidana korupsi seringkali menimbulkan fenomena yang problematis bahkan dramatis. Karenanya, hampir tidak ada pelaku yang mengakui dan menyerahkan secara sukarela aset hasil korupsi. Sebaliknya para pelaku umumnya memiliki akses yang luar biasa dan sulit terjangkau hukum dalam menyembunyikan aset hasil tindak pidana korupsi. Masalah pengembalian aset semakin rumit ketika aparat penegak hukum tidak memiliki keberanian, ketegasan dan inovasi dalam menegakkan hukum dan merampas aset dari tangan para koruptor. Paradigma memberantas korupsi telah berkembang tidak hanya menggunakan pendekatan follow the suspect (menghukum pelaku) tetapi telah bergeser ke arah pendekatan follow the money, dan follow the asset (merampas uang dan aset). Perkembangan paradigma ini menuntut penegak hukum masa kini untuk berhukum secara progresif sebagai bagian dan proses searching for the truth (pencarian kebenaran) dan searching for justice (pencarian keadilan) yang tidak pernah berhenti. Penegak hukum yang progresif akan selalu setia pada asas besar bahwa “Hukum adalah untuk manusia” karena kehidupan manusia penuh dinamika dan terus berubah dari waktu ke waktu.

Usaha pengembalian aset negara “yang dicuri” (stolen asset recovery) dalam tindak pidana korupsi seringkali menimbulkan fenomena yang problematis bahkan dramatis.

Psikologi Pendidikan

Psikologi pendidikan merupakan suatu cabang ilmu psikologi yang khusus mengkaji perilaku individu, dengan tujuan menemukan berbagai fakta, generalisasi, dan teori psikologi yang berkaitan dengan pendidikan melalui metode ilmiah tertentu, untuk mencapai efektivitas proses pendidikan. Pengetahuan tentang psikologi pendidikan ini sangat dibutuhkan oleh pendidik dan calon pendidik dalam proses belajar mengajar. Buku Psikologi Pendidikan dapat menjadi referensi bagi pendidik dan calon pendidik dalam meningkatkan mutu proses pendidikan. Buku ini membahas tentang hakikat psikologi pendidikan, perilaku individu, proses belajar mengajar, kepribadian, inteligensi, teori berpikir, motivasi belajar, bakat dan minat, serta bimbingan dan konseling.

Psikologi pendidikan merupakan suatu cabang ilmu psikologi yang khusus mengkaji perilaku individu, dengan tujuan menemukan berbagai fakta, generalisasi, dan teori psikologi yang berkaitan dengan pendidikan melalui metode ilmiah tertentu, ...