Sebanyak 7818 item atau buku ditemukan

Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak

Disusunnya buku Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak ini berawal dari keprihatinan penulis terhadap kurangnya sumber-sumber atau referensi ilmiah yang dapat diperoleh oleh para orangtua, pemerhati pendidikan anak usia dini, praktisi pendidikan anak, para pendidik dan tenaga kependidikan lembaga pendidikan anak, psikolog bahkan dokter anak tentang kiat mengoptimalkan perkembangan bahasa, deteksi dini keterlambatan berbicara serta mencegah terjadinya kelainan-kelainan berbahasa pada anak. Kondisi anak yang mengalami keterlambatan berbicara, minimalnya kemampuan bahasa, atau kesulitan memperoleh pengayaan bahasa merupakan hal yang tidak boleh diabaikan. Oleh karena itu, buku ini hadir untuk menjelaskan tentang strategi pengembangan bahasa serta berbagai solusi permasalahan bahasa yang dialami anak. Segala hal yang menjadi masalah dan kendala dalam mengembangkan keterampilan berbahasa pada anak menjadi bahasan utama dalam buku ini. Para orangtua bersama-sama pendidik diharapkan akan lebih kreatif lagi dalam menstimulasi bahasa, supaya perkembangan bahasa pada anak dapat dioptimalkan. --- Buku persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia)

A. PENGERTIAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Pendidikan anak usia dini (
PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum ... sosioemosional (sikap dan emosi)
, bahasa, dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahaptahap
perkembangan ...

PENGEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI

Pada bagian pertama buku ini mengupas tentang gambaran umum dan hakikat anak usia dini mulai dari pengertian, karakteristik, pendangan para ahli dan aspek pengembangan AUD. Pada bagian berikutnya penulis deskribsikan tetang salah satu aspek pengembangan AUD yakni aspek sosio-emosionalnya dimulai dari makna perkembangan sosial, karakteristik sosio-emosional AUD, pola perkembangan, faktor-faktor yang mempengaruhi dan masalah dalam pengembangan aspek sosial AUD. Pada Bab III, peneliti lebih spesifik pada narasi penanaman dan pengembangan nilai sosial baik melalui lembaga pendidikan, orang tua, dan permainan out bond sesuai dengan karakteristik AUD yang selalu antusias jika pembelajaran dilakukan sambil bermain dan diluar kelas (lapangan). Pada bagian akhir, penulis memberikan contoh satu desain pembelejaran melalui gerak, nyanyi, musik dan puisi untuk meningkatkan keterampilan sosial AUD.

Pada bagian pertama buku ini mengupas tentang gambaran umum dan hakikat anak usia dini mulai dari pengertian, karakteristik, pendangan para ahli dan aspek pengembangan AUD.

Administrasi dan supervisi pendidikan

konsep, prinsip, serta aplikasinya

On school management and school supervision in Indonesia.

On school management and school supervision in Indonesia.

POKOKNYA ADMINISTRASI PENDIDIKAN

Buku “Pokoknya Administrasi Pendidikan” yang ada dihadapan pembaca ini adalah karya Habibie Yusuf, M.Pd. Dia adalah dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Amai Gorontalo. Buku ini ditulis berdasarkan pengalamannya sebagi dosen yang mengampu Mata Kuliah Administrasi Pendidikan. Penulis memaparkan konsep dan ketrampilan praktis tentang administrasi pendidikan dan yang menarik pembaca khususnya tenaga kependidikan dikenalkan tentang kurikulum dan manajemen peserta didik, dengan harapan para tenaga kependidikan dapat memahami urgensi kurikulum dan manajemen peserta didik dalam mencapai tujuan pendidikan yang ada di sekolah atau madrasah selain ketatalaksanaan lembaga pendidikan. Persoalan Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan penjamian mutu lembaga pendidikan juga melengkapi wawasan pembaca khususnya para mahasiswa, yang sejak kuliah harus memiliki wawasan tersebut dan memahami bagaimana memastikan lembaga pendidikan tetap berkualitas.

Abidin, Said Zainal. 2006. Kebijakan Publik. Jakarta. Suara Bebas Rivai, Moh.
1982. Administrasi Pendidikan Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Jenmars.
Arti Manajemen. (online) http://ielmy.wordpress.com/other/definisi-manajemen/.

Penyelenggaraan madrasah: Petunjuk pelaksanaan administrasi dan teknis pendidikan

Maksud Pedoman umum ini ialah untuk mengkomunikasikan rencana/ tujuan
dari kurikulum ini dengan para petugas dan supervisi pendidikan mengenai
beberapa pengertian : 1. Prinsip-prinsip yang melandasi kurikulum; 2. Sistimatika
 ...

Hukum Administrasi Dalam Praktik Tindak Pidana Korupsi

Pentingnya peranan Hukum Administrasi dalam kehidupan bernegara, dan menyadari kenyataan dalam praktik menunjukkan pema ha man Hukum Administrasi yang relatif masih sangat kurang dikuasai dan bahkan adanya pemahaman yang keliru, dalam kaitannya dengan praktik tindak pidana korupsi. Penanganan tindak pidana korupsi selama ini masih dalam aspek hukum pidana, dan kurangmemperhatikan dari perspektif Hukum Administrasi. Mengingat pentingnya Hukum Administrasi dimaksud, buku referensi dalam bidang limu Hukum ini menyajikan dan membahasnya dari berbagai perspektif—pendekatan Ilmu Hukum Administrasi dan Hukum Pidana (tindak pidana korupsi); sebagai bagian dari totalitas penjelajahan ide dan konsep yang telah berlangsung dalam praktik hukum. Tentunya banyak masalah dapat diatasi dan banyak hal dapatdiungkapkan secara benar melalui metode pengkajian ini. Buku Persembahan Penerbit PrenadaMedia -Kencana-

Pembinaan dan pengawasan atas penyelenggaraan otonomi daerah yang
meliputi pemberian pedoman, bimbingan, pelatihan, arahan, dan supervisi di
bidangnya; e. Penetapan persyaratan akreditasi lembaga pendidikan dan
sertifikasi ...

ADMINISTRASI PENDIDIKAN (Menuju Sekolah Efektif)

Buku ini berawal dari catatan persiapan penulis untuk mengisi mata kuliah Administrasi Pendidikan di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Palopo (sekarang IAIN Palopo) dan Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Namun, tentu saja, isinya diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pembaca umum terutama yang bergerak di bidang pendidikan (pengawas sekolah, kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainnya) dengan harapan dapat membantu memahami berbagai hal yang berkaitan dengan pengelolaan pendidikan. Buku ini memuat beberapa hal, yaitu konsep administrasi pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah, dan supervisi pendidikan. Konsep administrasi pendidikan dilengkapi dengan kiat-kiat dalam merencanakan pembelajaran. Kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi pendidikan menjadi dua bagian yang saling melengkapi. Pemahaman tentang kepemimpinan kepala sekolah akan sangat membantu dalam penyelenggaraan supervisi pendidikan.

Buku ini berawal dari catatan persiapan penulis untuk mengisi mata kuliah Administrasi Pendidikan di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Palopo (sekarang IAIN Palopo) dan Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP).