Sebanyak 153 item atau buku ditemukan

Buku Ajar Sastra & Budaya Lokal Untuk Perguruan Tinggi

Buku ajar Sastra & Budaya Lokal ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami, menganalisis, menginterpretasi-kan nilai-nilai yang terdapat pada budaya lokal sehingga tidak salah menafsirkan dalam kehidupan sehari-harinya. Serta senantiasa termotivasi untuk terus melestarikan budaya lokal dan menjadikan budaya sebagai study sastra daerah, sosiologi, humaniora, dan seni. Memanfaatkan nilai-nilai pendidikan dan Moral sebagai dasar pembentukan karakter Manusia. Menjadikan budaya sebagai tradisi untuk mempererat rasa persaudaraan antar sesama masyarakat, sebagai ladang mendalami seni sastra yang dapat dijadikan sebagai referensi pembelajaran dan penelitian. Menjadikan nilai budaya lokal sebagai bahan ajar pembentuk karakter manusia zaman modernd. Serta menjadi penguatan pembelajaran muatan lokal di dunia pendidikan di tingkat SMP, SMA & pembelajaranSastar pada mata kuliah sastra & budaya lokal di Perguruan tinggi.

Ragam Sastra Indonesia. Jakarta: Sketsa Aksara Lalitya. Nisa, Hany Uswatun & Supriyanto, Teguh. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Membaca Sastra Legenda Bermuatan Kearifan Lokal Berbahasa Jawa. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra ...

BUKU AJAR: KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN PANDUAN DI PERGURUAN TINGGI

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penyusunan buku ajar yang berjudul Kapita Selekta Pendidikan ini dapat diselesaikan dengan baik. Hal tersebut tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak yang mengharapkan adanya buku ajar ini sebagai panduan di Perguruan Tinggi. Buku yang ada di hadapan pembaca saat ini adalah kumpulan materi ajar Kapita Selekta Pendidikan. Buku ajar ini diharapkan dapat menjadi opsi referensi bagi para dosen/pendidik, mahasiswa, dan civitas akademika yang ada di Perguruan Tinggi dan masyarakat pada umumnya. Tak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku ini. Akhirnya, harapan penulis sejak lama dapat terwujud dengan hadirnya buku ajar Kapita Selekta Pendidikan sebagai panduan perkuliahan di Perguruan Tinggi. Penulis menyadari buku ini belumlah sempurna baik dari materi dan susunannya. Dengan lapang dada dan kerendahan hati, penyusun bersedia untuk diberi saran dan kritik yang bersifat membangun guna memperbaiki buku ini.

Akhirnya, harapan penulis sejak lama dapat terwujud dengan hadirnya buku ajar Kapita Selekta Pendidikan sebagai panduan perkuliahan di Perguruan Tinggi. Penulis menyadari buku ini belumlah sempurna baik dari materi dan susunannya.

Buku Ajar Bahasa Indonesia

modul MKU Bahasa Indonesia ditulis dengan tujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar yang berwawasan kebangsaan dan bela negara. Dengan dikuasainya bahasa Indonesia, mahasiswa diharapkan dapat lebih cinta dan bangga terhadap Indonesia. Selanjutnya, dengan rasa cinta tersebut, mahasiswa akan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi yang pada akhirnya akan dapat memiliki dan mewujudkan nilai-nilai dari wawasan kebangsaan dan bela negara.

Direktur jenderal pendidikan tinggi Nomor 19 Tahun tentang standar nasional pendidikan menetapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan tinggi wajib memuat mata kuliah pendidikan agama pendidikan kewarganegaraan, bahasa Indonesia, ...

Bahasa Indonesia

Mata kuliahunmempelajari Bahasa Indonesia dalam ilmu keperawatan dengan menekankan penggunaan. Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulisan berlandaskan konsep etika dalam berbahasa.

Jakarta: Depdiknas-UT Surono,dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Semarang : Farindo. Syafi'ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud. Tarigan, H.G. 1987. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

BUKU AJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK PERGURUAN TINGGI

Kahadiran buku ajar Pendidikan kewarganegaraan untuk perguruan tinggi ini, penulis terbitkan atas dasar tanggung jawab penulis sebagai dosen mata kuliah pendidikan kewarganegaraan. Penulis berharap kehadiran buku ini dapat menjadi salah satu referensi buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk perguruan tinggi. Buku ini dibuat ringkas, padat dan jelas, untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami isi buku, maka buku di kemas dalam bentuk bab per bab, yang terdiri dari Materi, rangkuman, latihan soal dan penugasan. Adapun dalam buku ajar ini terdapat Sembilan bab yang masing masing membahas tentang Filsafat Pancasila, Identitas Nasional, Hak Asasi Manusia, Hak dan Kewajiban Warga Negara, Bela Negara, Demokrasi, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional dan Politik Strategi Nasional.

Bahasa Indonesia dinilai dapat mewakili dan menyatukan bangsa Indonesia. Kendati bahasa Indonesia bukan merupakan bahasa mayoritas yang dipergunakan, karena bahasa yang mayoritas dipergunakan saat itu adalah bahasa jawa.

Buku Ajar Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi

Tantangan bangsa mengenai eksistensi Pancasila pada jenjang pendidikan sangatlah urgen di tengah memudarnya pemahamanan dan pengamalan pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Harapannya nyata, pancasila harus selalu membumi pada bidang pendidikan utamanya pada pendidikan tinggi. Buku Ajar Pendidikan Pancasila ini selain tetap berpegang teguh pada KKNI, juga tetap mengaitkan berbagai pembahasan/materi dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Meskipun secara mekanisme, perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama belum melaksanakan Kurikulum Merdeka Belajar. Secara sepintas, buku ajar ini tetap mengakomodir hal-hal yang bisa dimasukkan ke dalam buku ajar.

Indonesia, yaitu Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia disebut juga Bahasa pemersatu bangsa Indonesia. Selain bahasa, perilaku kehidupan bangsa Indonesia juga bebeda dengan bangsa lainya, misalnya adanya gotong royong atau kerja bakti di ...

BUKU AJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PANDUAN KULIAH DI PERGURUAN TINGGI

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penyusunan buku ajar yang berjudul Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini dapat diselesaikan dengan baik. Hal tersebut tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak yang mengharapkan adanya buku ajar ini sebagai panduan pembelajaran mata kuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Buku yang tengah ada dihadapan pembaca saat ini adalah kumpulan materi-materi ajar, baik itu mata kuliah Pancasila maupun mata kuliah Kewarganegaraan. Disusunnya bahan ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini diharapkan dapat menjadi opsi referensi bagi para dosen/pendidik dan mahasiswa dan civitas academica yang ada di Universitas Sembilanbelas November Kolaka pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Tak lupa pula penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan buku ini. Akhirnya, harapan penulis sejak lama dapat terwujud dengan hadirnya buku ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini sebagai panduan perkuliahan mata kuliah PPKn. Sebagaimana penyusunan buku ajar yang lain, penulis menyadari bahwa buku ini belumlah sempurna baik dari materi dan susunannya. Dengan lapang dada dan kerendahan hati, penyusun bersedia untuk diberi saran dan kritik yang bersifat membangun guna memperbaiki buku ini agar lebih baik lagi.

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penyusunan buku ajar yang berjudul Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini dapat diselesaikan dengan baik.

Buku Pintar Bahasa Indonesia SD untuk Kelas 4, 5, & 6

Orangtuaku selalu mengharapkan agar aku dapat menyelesaikan sekolah di perguruan tinggi . 4 . 3. Berikut ini adalah kalimat yang efektif , kecuali .... A. Agar supaya kita pintar , kita harus rajin belajar . B. Bunga melati ditanam di ...

Buku Teks Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum

Buku PAI pada PTU ini merupakan salah satu ikhtiar penulis dalam menyebarluaskan ilmu sekaligus untuk menyediakan bahan bacaan atau rujukan bagi peserta didik dan pendidik yang sedang melaksanakan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi umum. Buku Edisi III ini merupakan hasil pengembangan dan penyempurnaan berupa penambahan bab dan konten di dalamnya, dari materi bahan ajar yang pernah penulis sampaikan sebelumnya.

19 Tahun 2005, Bab III, Pasal 29, ayat 2, tentang Standar Nasional Pendidikan dinyatakan bahwa: “Kurikulum tingkat satuan Pendidikan Tinggi wajib memuat mata kuliah Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, ...

Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 9

Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan dalam rangka Implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Penerbit Grasindo. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman.

igD b hing/ KG - 3/ G ulPait tinggi,lis Jika lulusan untuk melanjutkan ke perguruan SMK lebih dibatasi ruang lingkupnya jika dibandingkan dengan lulusan SMA. Sehingga rata-rata siswa SMK kesulitan untuk masuk ke perguruan tinggi.