Sebanyak 71 item atau buku ditemukan

METODOLOGI PENELITIAN SEJARAH

Buku ini memuat pembahasan yang berkenaan dengan konsep dari metode penelitian sejarah, keterkaitan ilmu sejarah dengan ilmu-ilmu lainnya, tahapan dalam metodologi penelitian sejarah, penjelasan yang mudah dipahami untuk menentukan tema dan topik penelitian sejarah dan dilengkapi dengan contoh kasus dan proposal penelitian sejarah untuk memudahkan pembaca dalam membuat proposal penelitian sejarah tema dan topiknya sendiri.

Buku ini memuat pembahasan yang berkenaan dengan konsep dari metode penelitian sejarah, keterkaitan ilmu sejarah dengan ilmu-ilmu lainnya, tahapan dalam metodologi penelitian sejarah, penjelasan yang mudah dipahami untuk menentukan tema dan ...

METODOLOGI STUDI ISLAM

Tujuan studi Islam adalah untuk memahami dan mendalami serta membahas ajaran-ajaran Islam sebagai wacana ilmiah yang dapat diterima oleh berbagai kalangan. Aspek-aspek sasaran studi Islam yaitu aspek keagamaan dan aspek keilmuwan. Dari sisi pengertian studi islam secara sederhana adalah usaha mendasar dan sistematis untuk mengetahui, memahami dan membahas secara mendalam seluk beluk yang berhubungan dengan agama Islam, baik ajaran maupun praktek pelaksanaannya secara nyata dalam kehidupan sehari-hari sepanjang sejarah.

Tujuan studi Islam adalah untuk memahami dan mendalami serta membahas ajaran-ajaran Islam sebagai wacana ilmiah yang dapat diterima oleh berbagai kalangan.

Psikologi Pendidikan

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia. Tingkah laku di sini diartikan secara luas ialah segala kegiatan, tindakan perbuatan manusia yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan, yang disadari maupun tidak disadarinya. Termasuk di dalamnya: cara berbicara, berjalan, berpikir atau mengambil keputusan, cara ia mengambil sesuatu, caranya beraksi terhadap segala sesuatu yang datang dari luar dirinya maupun dari dalam dirinya. Psikologi pendidikan adalah cabang dari ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Buku ini disusun dengan judul Psikologi Pendidikan mampu membantu menambah bahan ajar dan mahasiswa dalam mempelajari psikologi dan untuk mempermudah mempelajari materi psikologi pendidikan. Psikologi Pendidikan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Berkaitan dengan itu maka guru akan menjadi bahan pembicaraan banyak orang, dan tentunya tidak lain berkaitan dengan kinerja guru. dapat diambil kesimpulan bahwa Manajemen sumber daya manusia diakui sangat penting.

Psikologi Manajemen

Manajemen merupakan sebuah proses kegiatan yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan yang telah ditetapkan dan ditentukan sebelumnya untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien. Pendidikan karakter di sekolah juga sangat terkait dengan manajemen atau pengelolaan sekolah. Pengelolaan yang dimaksud adalah bagaimana pendidikan karakter direncanakan (planning), dilaksanakan (actuating), dan dikendalikan (evaluation) dalam kegiatan-kegiatan pendidikan di sekolah secara memadai. Penerapan psikologi dalam situasi praktis berdasarkan pada pengetahuan ilmiah tentang tingkah laku. Jadi bukan dengan cara common sense, melainkan menggunakan prinsip-prinsip psikologi secara sistematis. Kehadiran buku ini merupakan bagian dari sumbangsih pemikiran penulis untuk mengkaji/membahas tentang psikologi manajemen karena psikologi merupakan ilmu tentang tingkah laku. Pada hakikatnya tingkah laku manusia itu sangat luas, semua yang dialami dan dilakukan manusia merupakan tingkah laku. Semenjak bangun tidur sampai tidur kembali manusia dipenuhi oleh berbagai tingkah laku. Dengan demikian objek ilmu psikologi sangat luas, akan tetapi di dalam buku ini fokus membahas tentang psikologi manajemen. Buku ini sangatlah penting bagi mahasiswa dan pendidik yang sedang mendalami bidang psikologi atau pendidikan karakter. Buku ini juga sangat penting bagi pendidik, tenaga pendidik, kepala sekolah, dan peserta didik untuk memahami konsep psikologi. Psikologi Manajemen ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2006. Sopiah. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset. 2008. Stephen P. Robbins. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat, 2007. Steven S. Stein Dan Howard.

Pendidikan Ilmu Psikologi

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Pendidikan Ilmu Psikologi. Sistematika book chapter Pendidikan Ilmu Psikologi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran Pendidikan Ilmu Psikologi di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

Psikologi Personel Sering dilihat sebagai bagian dari manajemen sumber daya manusia, atau HRM. Psikologi personel membahas isu-isu seperti rekrutmen, seleksi, pelatihan, penilaian kinerja, promosi, transfer, dan pemutusan hubungan kerja ...

MONOGRAF IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH

... memperbaiki iklim organisasi sekolah dan untuk meningkatkan kinerja guru. DAFTAR PUSTAKA Agung, I. G. Ng. 1992. Metode Penelitian Sosial: MONOGRAF IMPLEMENTASI MANAJEMEN 63 MUTU BERBASIS PENINGKATAN SEKOLAH.

Implementasi Supervisi Pendiidikan

Implementasi supervisi pendidikan merupakan bentuk layananan pembinaan pembinaan dan diharapkan dapat memajukan dan mengembangkan pengajaran agar guru dapat menjalankan tugas mengajar yang pada ahkirnya memiliki mutu kinerja guru dan berdampak pada peningakatan belajar dan prestasi siswa. Buku ini antara lain menjabarkan ruang lingkup pengawasan, kualifikasi pengawas, kompetensi pengawas, supervisi pendidikn, supervisi akademik, dan evaluasi supervisi dalam meningkatkan kinerja guru dan mutu pendidikan. Kegiatan organisasi pendidikan tidak akan mencapai tujuan yang ditetapkan apabila dijalankan tanpa pengawasan. Rendahnya wawasan dan komitmen pelaku pendidikan semakin memperkuat pentingnya implementasi supervisi pendidikan. Sasaran pengawasan pendidikan berkaitan dengan kegiatan profesional yang harus diimplementasikan sebagai beban kerja setiap pelaku pendidikan atau unit tugas di lingungan lembaga pendidikan. Penulis mohon saran dan kritik yang membangun dan semoga buku ini memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu pengetahuan tentang pengawasan lembaga pendidikan,.

Pengertian Evaluasi/Penilaian Kinerja Menilai kinerja guru merupakan bagian penting dari fungsi manajemen yang perlu dilakukan agar dapat mengetahui kendalakendala yang dihadapi, sekaligus memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi, ...

PERBANDINGAN PENDIDIKAN MORAL PERSPEKTIF ISLAM DAN BARAT

Pendidikan moral ditentukan oleh pemikiran para tokohnya. Dalam buku ini diperkenalkan 6 tokoh pendidikan moral yang paling utama dalam sejarah. Enam pemikir ini mencakup tiga tokoh Islam dan tiga tokoh barat. Tiga tokoh Islam yang terdiri dari Ibnu Miskawaih, sebagai Bapak Filsafat Moral, Imam al-Ghazali, Hujjah al-Islam, dan K.H. Hasyim Asy’ari, Sang Maha Guru Indonesia. Sedangkan tiga tokoh barat terdiri dari Aristoteles, filsuf moral pertama, Immanuel Kant, filosuf modern, dan George Edward Moore, profesor filsafat di Universitas Crambidge. Paradigma para tokoh tentang moralitas dipaparkan dalam karya ini. Karakteristik pikiran mereka masing-masing berusaha ditelaah secara mendalam, kritis dan penuh dengan analisis yang tajam, tujuannya adalah menghidangkan betapa beraneka ragam, bahkan berbeda, jawaban yang mereka berikan atas pertanyaan bagaimana manusia dapat mencapai kebahagiaan yang hakiki. Mengingat, aspek moralitas sebagai aspek yang sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan sosial manusia itu sendiri. Sehingga, kajian-kajian akan moralitas sangat penting untuk terus ditelaah di tengah kehidupan global yang kian cepat. Terakhir, semoga buku ini dapat dijadikan bahan referensi bagi peminat kajian filsafat, pendidikan Islam/ umum, mahasiswa, akademisi, peneliti, dan siapa saja yang ingin mencari orientasi dalam kehidupan yang berlandaskan pada aspek moralitas yang tinggi untuk mendapatkan derajat kehidupan yang mulia di sisi Sang Pencipta alam semesta. Selamat membaca dan semoga bermanfaat ..!

Pendidikan moral ditentukan oleh pemikiran para tokohnya.

Teori Belajar Bahasa

Belajar merupakan proses internal yang kompleks, yang melibatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Seseorang selalu berupaya meningkatkan pengetahuan dan kualitas diri guna menghadapi keadaan di sekitarnya. Belajar bahasa sebagai bentuk pemerolehan bahasa yang berlangsung secara nature dan nurture dan saling mendukung dalam proses pemerolehan bahasa seseorang. Buku ini berisi mengenai teori-teori belajar bahasa, pemerolehan bahasa pertama, teori perkembangan bahasa anak, pemerolehan bahasa kedua, dan faktor pembelajaran bahasa pertama dan bahasa kedua. Materi buku ini dapat memperkaya wawasan bagi mahasiswa dan mahasiswi jurusan pendidikan khususnya jurusan bahasa. Bagi calon ibu, orang tua, calon pendidik, dan pendidik buku ini dapat bermanfaat untuk mengetahui teori belajar bahasa anak sehingga dapat membentuk anak-anak yang hebat. Anak adalah investasi masa depan dan sebagai generasi penerus bangsa maka harus memiliki karakter mulia salah satunya melalui bahasa. “Belajar bisa dilakukan di mana saja, seperti dari orang-orang di sekitar kita berdasarkan pengalamannya”

Buku ini berisi mengenai teori-teori belajar bahasa, pemerolehan bahasa pertama, teori perkembangan bahasa anak, pemerolehan bahasa kedua, dan faktor pembelajaran bahasa pertama dan bahasa kedua.

TEORI DAN APLIKASI PEMBELAJARAN TERPADU

Pembelajaran terpadu merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Dengan adanya pemaduan itu peserta didik akan memeroleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi peserta didik. Bermakna di sini memberikan arti bahwa pada pembelajaran terpadu, peserta didik akan dapat memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan nyata yang menghubungkan antar konsep dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Pembelajaran terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang memperhatikan dan menyesuaikan dengan tingkat perkembangan anak didik (Developmentally Appropriate Practical). Pendekatan yang berangkat dari teori pembelajaran yang menolak drill-system sebagai dasar pembentukan pengetahuan dan struktur intelektual anak. Pembelajaran terpadu menjadi roh pelaksanaan kurikulum 2013 yang dikembangkan saat ini dalam Pembelalajaran Tematik Terpadu, khususnya di Sekolah Dasar (SD) maupun Madrazah Ibtidaiyah (MI). Buku ini disusun untuk membantu praktisi pendidikan, khususnya guru dan calon guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik.Untuk itu selain menyajikan teori, buku ini juga disertai dengan contoh aplikasinya

Pembelajaran terpadu merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran.