Sebanyak 56 item atau buku ditemukan

Filsafat Islam

Telaah Tokoh dan Pemikirannya

Kajian filsafat Islam merupakan suatu kajian sistematis terhadap kehidupan, alam semesta, etika, moralitas, pengetahuan, pikiran, dan gagasan-gagasan yang dilakukan di dalam dunia Islam. Umat Islam atau para cendekiawan Muslim terdahulu banyak merupakan tokoh filsuf dan mereka menuangkan pemikiran mereka ke dalam ilmu filsafat tersebut. Berangkat dari kesadaran ini, terbesit dalam pemikiran penulis untuk melakukan pengkajian secara mendalam, menyadari hakikat kebenaran suatu ilmu yang berdasarkan pada kebenaran ajaran dan nilai-nilai agama Islam, maka lahirlah ide dan gagasan pemikiran mengenai Filsafat Islam: Telaah Tokoh dan Pemikirannya. Dalam buku ini, penulis menelaah para cendekiawan Muslim beserta pemikirannya, di antaranya: intelektual filsafat al-Kindi mengenai hubungan antara filsafat dan agama, serta falsafah al-Nafs; filsafat al-Razi mengenai Lima Kekekalan; Al-Farabi tentang filsafat al-Faidh dan al-Nafs; Ibnu Sina yang dikenal dengan Filsafat Ibnu Sina; Ibnu Tufail mengenai pemikirannya, falsafah Hay bin Yaqzan; Al-Ghazali dengan pemikirannya mengenai kritik terhadap filsuf; Ibnu Rusyd mengenai kritik terhadap al-Ghazali; Filsafat Ibnu Miskawaih; serta Ikhwan al-Shafa dengan konsep berpikirnya. Penulis berharap, para pembaca dapat memetik ilmu berharga dari sajian buku ini. Bahwa kerangka pemikiran filsuf Muslim adalah sebuah pijakan yang akan melahirkan pola pikir Islamisasi ilmu pengetahuan. Beranjak dari pola pikir tersebut maka terbentuklah keserasian terhadap nilai-nilai ajaran Islam dengan konsepsi manusia menurut Al-Qur’an, baik berkaitan dengan hakikat penciptaan, potensi dasar manusia, dan fungsi manusia sebagai makhluk yang berpikir. Insya Allah. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Kajian filsafat Islam merupakan suatu kajian sistematis terhadap kehidupan, alam semesta, etika, moralitas, pengetahuan, pikiran, dan gagasan-gagasan yang dilakukan di dalam dunia Islam.

Seri Terampil Menulis Bahasa Indonesia

Kosakata

Pada zaman sekarang, menulis bukan sekadar keterampilan bahasa atau komunikasi, tetapi bagian penting kecakapan literasi. Bersama membaca, menulis menjadi pondasi penting kecakapan berpikir kritis dan kreatif, yang merupakan inti literasi, yang sangat dibutuhkan pada zaman Revolusi Industri 4.0. Dengan menulis—selain membaca—dapat diasah, dilatih, dan ditingkatkan kecakapan berpikir yang logis dan etis untuk memperkuat kekritisan dan kekreatifan tiap individu. Untuk menguatkan, menajamkan, atau meningkatkan keterampilan menulis bahasa Indonesia, seseorang perlu menguasai seluk-beluk kosakata bahasa Indonesia. Kekayaan dan keberagaman kosakata bahasa Indonesia menggambarkan keluasan, kedalaman, bahkan ketinggian pikiran dan perasaan seseorang. Untuk itu, saat literasi sudah menjadi salah satu hak asasi dan sendi peri kehidupan masa kini dan masa depan, secara memadai setiap orang perlu menguasai kosakata suatu bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Penguasaan itu bisa dan perlu dipelajari, baik secara mandiri maupun melalui pelajaran, bukan terberi secara alamiah melalui kebiasaan bercakap-cakap saja. Buku Kosakata ini, membantu memperluas dan meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia agar pembaca dapat mengungkapkan dan mengembangkan pikiran, gagasan, dan perasaan dengan benar, cermat, tepat, serasi, dan segar dalam bentuk tulisan. Dalam buku ini, pembaca dilatih dan dipandu untuk memperkaya kosakata, memilih dan menggunakan kata, mengayakan dan menggunakan istilah, dan mencermati berbagai gejala bahasa, khususnya gejala perbendaharaan kata. Buku ini dapat digunakan oleh siswa, mahasiswa, guru, dosen, dan kalangan umum yang ingin memperkaya kosakata bahasa Indonesianya.

Pada zaman sekarang, menulis bukan sekadar keterampilan bahasa atau komunikasi, tetapi bagian penting kecakapan literasi.

Pelajaran BAHASA INDONESIA untuk SMP & MTs Kelas 7: membangun literasi digital generasi milenial (Jilid 1)

v Kata Pengantar Kami bersyukur kepada Allah swt. yang selalu melimpahkan petunjuk dan kekuatan-Nya dalam penulisan buku ini. Buku ini kami hadirkan dengan niat saling memberi dan saling menerima kepada dan dari kolega Guru Pelajaran Bahasa Indonesia. Buku ini juga merupakan perwujudan pengamalan ilmu mendidik sebagai salah satu bentuk pengabdian profesional kami kepada peserta didik dan pecinta bahasa Indonesia. Penulisan buku ini mengacu pada Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar matapelajaran Bahasa Indonesia SMP sebagaimana tertuang dalam Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Kompetensi Dasar Pelajaran Bahasa Indonesia yang tertuang dalam peraturan tersebut mengisyaratkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia mengarah pada pembangunan literasi peserta didik. Atas dasar itu, sesuai dengan era saat ini, buku ini dirancang dalam rangka membangun literasi digital generasi milenial. Untuk itu, desain pembelajaran dalam buku ini berbasis kegiatan dengan fokus membaca sebanyak-banyaknya dan menulis sebanyak-banyaknya yang terintegrasi dengan menyimak, berbicara, dan memirsa. Untuk itulah, penyusunan buku ini menggunakan pendekatan integratif, kontekstual, komunikatif, konstruktivistik, dan saintifik. Dengan pendekatan integratif, kegiatan belajar dilakukan secara utuh dan terpadu, baik menyangkut kemahiran berbahasa dan bersastra (menyimak—berbicara, membaca—menulis, dan memirsa) maupun penguasaan substansi-isi kebahasaan dan kesastraan. Dengan pendekatan kontekstual, kegiatan belajar dirancang memerhatikan konteks intralingual dan ekstralingual. Dengan pendekatan komunikatif, kegiatan belajar diarahkan pada penggunaan dan pendayagunaan bahasa sesuai dengan konteksnya. Dengan pendekatan konstruktivistik, kegiatan dirancang agar peserta didik membangun konsep, perilaku, dan sikap bahasa sendiri secara bertahap, misalnya, dari yang kecil. ke besar, dari yang dekat ke jauh, dari yang mudah ke sulit, dan dari yang konkret ke abstrak. Dengan pendekatan saintifik, kegiatan belajar dirancang untuk membentuk pola pikir, pola tindak, dan pola sikap ilmiah sesuai dengan karakteristik matapelajaran bahasa Indonesia yang di dalamnya juga bermuatan sastra dan budaya Indonesia. Berdasarkan landasan, acuan, dan pendekatan-pendekatan di atas, buku ini dirancang agar peserta didik terbiasa belajar mandiri. Dalam kemandirian itu, peserta didik dapat merancang, melaksanakan, dan mengevaluai kegiatan belajar dan hasilnya berdasarkan kegiatan yang jelas, terukur, dan terfokus. Pada sisi lain, peserta didik dapat mengelaborasi dan memperluas wawasan dan kemahirannya dengan memanfaatkan dan memberdayakan sumber-sumber belajar di luar buku ini. Bapak dan Ibu guru berperan sebagai fasilitator dalam proses kemandirian tersebut. Kami berharap buku ini dapat memenuhi keperluan sejawat Guru Pelajaran Bahasa Indonesia dalam mengawal pembelajaran bahasa Indonesia di SMP dan MTs. Kritik dan saran pembaca dan pengguna buku ini kami terima dengan terbuka dan senang hati. Jakarta, Juni 2020 Salam hormat penulis, Dawud Yuni Pratiwi Ferril Irham Muzaki

Penulisan buku ini Pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP dan MTs Jilid 1 ini diarahkan pada pembangunan literasi peserta didik.

Psikologi Pendidikan

Penerapan Prinsip-prinsip Psikologi dalam Pembelajaran

Karya ini ditulis untuk memenuhi kebutuhan pembaca tentang psikologi pendidikan dalam penerapan prinsip­-prinsip psikologi untuk pembelajaran. Buku­-buku yang berjudul Psikologi Pendidikan memang banyak tetapi isinya sangat bervariasi, sedangkan masalah psikologi pendidikan, khususnya untuk pembelajaran memiliki silabus tersendiri yang arahnya membekali calon pendidik untuk memahami aspek­-aspek psikologis yang terkait dengan proses pembelajaran. Dengan demikian, diperlukan penguasaan materi psikologi pendidikan yang lebih fokus mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Untuk memenuhi kebutuhan itu, buku referensi ini sangat diperlukan bagi pembaca yang berminat, terutama bagi komunitas berpendidikan tinggi. Di dalamnya, penulis membahas aspek­-aspek yang terkait dengan psikologi pendidikan, seperti sejarah dan perkembangannya, penelitian tentang psikologi, tokoh­-tokoh yang terlibat dalam psikologi pendidikan, dan bahasan tentang bagaimana aplikasinya dalam pembelajaran, seperti aspek perkembangan anak, peranan inteligensi dan bakat dalam keberhasilan belajar, motivasi belajar, dan perbedaan individu dalam belajar. Di samping itu, juga perlu dipahami implementasi teori belajar behavioristik, teori kognitif, dan teori humanistik, sebab semuanya itu dapat menjadi sandaran dalam proses membelajarkan peserta didik. Psikologi Pendidikan: Penerapan Prinsip-prinsip Psikologi dalam Pembelajaran sangat dibutuhkan oleh semua pembaca yang mempelajari psikologi pendidikan. Buku ini memberikan kemudahan bagi pembaca dalam menguasai materi pokok psikologi pendidikan dan penerapannya dalam proses belajar dan pembelajaran. Buku ini memang hanya memuat materi­-materi pokok saja, karena itu para pengguna buku ini perlu memperkaya wawasan keilmuannya dengan referensi lain yang relevan. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku­-buku yang berjudul Psikologi Pendidikan memang banyak tetapi isinya sangat bervariasi, sedangkan masalah psikologi pendidikan, khususnya untuk pembelajaran memiliki silabus tersendiri yang arahnya membekali calon pendidik untuk ...

Metodologi Studi Tokoh & Penulisan Biografi

Buku ini menyajikan metodologi studi tokoh dan berbagai aspek yang berkaitan dengan penulisan biografi. Dirumuskan dalam karya buku yang utuh, tidak parsial, dan detail langkah demi tangkah yang dipaparkan secara komprehensif. Pembahasan materi meliputi persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan studi tokoh; mulai dari usulan penelitian studi tokoh pemikiran Istam hingga metode penulisan dan berbagai hal yang berkaitan dengan pokok bahasan. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

Buku ini menyajikan metodologi studi tokoh dan berbagai aspek yang berkaitan dengan penulisan biografi.

Kepemimpinan Pendidikan Dalam Perspektif Hadis

Potret pemimpin pada dimensi pendidikan ideal di atas tak ayal lagi ada pada diri Rasulullah SAW. Sosok kepemimpinannya dapat terlihat dalam buku sederhana ini. Meski disadari bahwa buku kecil ini tak mampu menjelaskan kesempurnaan kepemimpinan Rasulullah sebagai manusia pilihan yang sempurna. Namun paling tidak pembaca bisa melihat secercah sinar kesempurnaan baginda sebagai seorang pemimpin yang ideal. Semoga buku kecil ini memunculkan motivasi untuk memedomani Rasulullah dalam dimensi kepemimpinannya, baik pada tataran dunia pendidikan maupun dalam dimensi yang lebih luas Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

ju Millenium Baru. Jakarta: PT Logos. ------------ 2005. “Melestarikan Tradisi Penulisan Sirah Nabi”, dalam Maulana Wahidudin Khan, Muhammad Nabi untuk Semua, terj. Irwanti. ... Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam, terj. Ibraham.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Tinjauan Praktis Aplikatif

Dengan semakin pesatnya perkembangan sebuah usaha dipastikan membutuhkan sumber daya manusia (sdm) yang berkualitas dan profesional, cakap dan kompeten pada bidang pekerjaannya. Dengan demikian, dibutuhkan sebuah program pengelolaan sdm agar dapat memenuhi tuntutan kebutuhan organisasi. Untuk membantu tujuan tersebut maka buku ini disusun yang diperuntukan bagi para praktisi dan akademisi. Untuk para dosen dan mahasiswa berguna sebagai bahan referensi berbagai kegiatan akademis. Bagi para praktisi dapat dijadikan sebagai panduan pada proses pengambilan keputusan organisasi. Aspek-aspek yang dibahas secara lugas dalam buku ini meliputi; perencanaan sdm, analisis dan desain pekerjaan, rekrutmen dan seleksi, pengembangan sdm, manajemen kinerja, kompensasi, keselamatan dan kesehatan kerja serta hubungan industrial. Di samping itu, penggunaan manajemen sumber daya manusia online atau melalui elektronik yang sering disebut e-msdm (electronic-human resources management / e-hrm) juga dibahas dalam buku ini. Bahasan ini untuk membantu organisasi menghadapi revolusi industri 4.0 dalam mencapai integrasi dunia online dengan dunia industri untuk meningkatkan efisiensi nilai proses produksi.

Di samping itu, penggunaan manajemen sumber daya manusia online atau melalui elektronik yang sering disebut e-msdm (electronic-human resources management / e-hrm) juga dibahas dalam buku ini.

Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi

Gagasan inti dari strategic human resource management adalah inisiatif untuk melibatkan dan mengatur orang-orang yang terlibat untuk mendukung strategi suatu Perusahaan/Organisasi secara keseluruhan. Akan tidak mungkin dalam suatu perusahaan/Organisasi untuk dapat mencapai keberhasilan ketika orang-orang yang terlibat dalam perusahaan tersebut tidak sesuai dengan visi dan misi perusahaan sendiri. Manajemen strategis merupakan proses dimana perusahaan harus menentukan apa yang mereka putusakan/Decition dan lakukan/Action. untuk mencapai tujuan perusahaan/organisasi yang telah ditetapkan, dan yang lebih penting adalah bagaimana tujuan tersebut bisa dipenuhi/tercapai. Penulisan buku ini bertujuan memperkaya khasanah ilmu para pembaca dalam proses memahami/mendalami tentang Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik (Human Resource Strategik Management). Berkaitan dengan itu, sangat diharapkan dalam mengkaji materi ini didapat ilmu dan pengetahuan yang luas, dengan proses yang lebih efektif. Penulis mencoba menjajikan buku ini sebagai media untuk membahas/mendalami Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik (Human Resource Strategik Management). Penulis berusaha menggunakan cara berpikir sederhana dan bahasa yang praktis. Sehingga bisa sebagai panduan dalam praktek pemecahan persoalan-persoalan di dunia kerja.

Gagasan inti dari strategic human resource management adalah inisiatif untuk melibatkan dan mengatur orang-orang yang terlibat untuk mendukung strategi suatu Perusahaan/Organisasi secara keseluruhan.

MONOGRAF IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH

... memperbaiki iklim organisasi sekolah dan untuk meningkatkan kinerja guru. DAFTAR PUSTAKA Agung, I. G. Ng. 1992. Metode Penelitian Sosial: MONOGRAF IMPLEMENTASI MANAJEMEN 63 MUTU BERBASIS PENINGKATAN SEKOLAH.

MANAJEMEN BURNOUT KONSEP DAN IMPLEMENTASI

Buku ini memaparkan, di antaranya: konsep dan klasifikasi burnout, konsep manajemen strategis, berbagai jenis intervensi burnout yang dapat diintegrasikan atau pun diimplementasikan dalam perencanaan strategis. Penulis sangat berharap, kiranya buku ini dapat memberi pengayaan tentang konsep dan implementasi manajemen burnout, sehingga diperoleh tambahan referensi bagi pemerhati/peneliti, serta pengambil kebijakan untuk diimplementasikan pada berbagai latar organisasi, di antaranya organisasi bisnis, organisasi pelayanan sosial kemasyarakatan, organisasi kesehatan, serta organisasi publik. Penulis menyadari sepenuhnya, bahwa buku ini tentunya masih memiliki kelemahan/kekurangan. Oleh karena itu, penulis sangat terbuka dan berterima kasih terhadap berbagai pihak yang memberikan kontribusi/saran yang bersifat konstruktif.

Penulis sangat berharap, kiranya buku ini dapat memberi pengayaan tentang konsep dan implementasi manajemen burnout, sehingga diperoleh tambahan referensi bagi pemerhati/peneliti, serta pengambil kebijakan untuk diimplementasikan pada ...