Sebanyak 91 item atau buku ditemukan

Karauhan dan Ngiring

Kajian Teologi, Psikologi dan etnografi

Membahas tentang fenomena karauhan dan ngiring yang terjadi di tengah masyarakat Bali modern

Membahas tentang fenomena karauhan dan ngiring yang terjadi di tengah masyarakat Bali modern

Humandkind: Sejarah Penuh Harapan

Ada satu kepercayaan yang mempersatukan kelompok kiri dan kanan, ahli psikologi dan ahli filsafat, penulis dan pencatat sejarah. Kepercayaan itu mengilhami judul berita di sekeliling kita dan hukum yang mengatur hidup kita. Dari Machiavelli sampai Hobbes, Freud sampai Dawkins, akar kepercayaan ini telah menghunjam dalam pemikiran Barat. Kita diajari bahwa manusia bersifat dasar egois dan digerakkan kepentingan pribadi. Humankind mengajukan argumen baru: bahwa lebih realistis sekaligus revolusioner andai kita beranggapan bahwa manusia itu pada dasarnya baik. Naluri untuk bekerja sama bukannya bersaing, memercayai bukannya tak percaya, punya dasar evolusioner yang ada sejak awal kehadiran spesies kita. Menganggap buruk orang lain bukan hanya memengaruhi cara kita memandang orang lain, melainkan juga politik dan ekonomi kita. Di buku penting ini, penulis laris internasional Rutger Bregman merangkum beberapa penelitian paling terkenal di dunia dalam kerangka baru, memberi sudut pandang baru untuk 200.000 tahun terakhir dalam sejarah manusia. Bregman menunjukkan bagaimana kepercayaan terhadap kebaikan dan altruisme manusia bisa mengubah cara kita berpikirÑdan menjadi dasar untuk mencapai perubahan sejati di masyarakat. Waktunya ada pandangan baru atas hakikat manusia. ÒPandangannya matang ... Penerapan sejarah oleh Bregman mengarah ke pemahaman baru atas hakikat manusia. Humankind mengubah percakapan dan menerangi jalan ke masa depan yang lebih cerah. Kita makin membutuhkan itu sekarang.Ó Susan Cain, penulis Quiet ÒSinisme adalah teori segalanya, tapi sebenarnya tak harus dipakai, seperti ditunjukkan dengan brilian oleh Rutger Bregman. Buku ini perlu, membuka peluang masa depan yang lebih baik.Ó David Wallace-Wells, penulis The Uninhabitable Earth

Para ahli psikologi modern telah menemukan bahwa ketika orang melakukan sesuatu berdasarkan kebaikan hatinya, mereka sering membuat-buat motif egois.

BAHAN AJAR PELAJARAN SEJARAH DALAM BENTUK KOMIK GUNA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS IMAJINATIF

Gejala tentang rendahnya mutu pendidikan abad 21, diantaranya muncul dalam bentuk rendahnya kreativitas para lulusan yang diduga merupakan cerminan dari tingkat berpikirnya yang rendah. Sudah tentu ini merupakan produk pendidikan dari sistem pendidikan yang kurang atau bahkan tidak mengembangkan keseluruhan dimensi psikologis individu, baik dimensi kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Dimensi psikologis yang tampaknya kurang mendapat perhatian dari sistem pendidikan kita adalah aspek kreativitas. Padahal kreativitas individu dalam era globalisasi dan informasi yang ditandai oleh kompleksitas kehidupan manusia sangat dibutuhkan. Sebab kreativitas dapat BAHAN AJAR PELAJARAN SEJARAH DALAM BENTUK KOMIK 2 melahirkan inovasi yang mengendap dalam manifestasi budaya. Melalui kreativitas itulah kehidupanmanusiamenjadi penuhmakna. Pentingnya kreativitas atau kemampuan berpikir kreatif dalam kaitannya dengan upaya peningkatan mutu pendidikan memang sangat logis. Oleh karena itu sistem pendidikan hendaknya ditujukan untuk mengembangkan kualitas berpikir anak agar dalam proses perkembangan kognitif dan inteligensinya memperoleh peluang secara optimal pula. Jika diamati secara seksama sistem pendidikan yang dikembangkan dewasa ini dalam kaitannya dengan upaya pengembangan kemampuan berpikir kreatif anak sering dipertanyakan. Munadi (2013),mengatakan bahwa sistempendidikan dewasa ini belum memadai, sebab masih terperangkap pada pencapaian aspek-aspek tertentu saja dan belum mengembangkan manusia Indonesia yang berkualitas

Gejala tentang rendahnya mutu pendidikan abad 21, diantaranya muncul dalam bentuk rendahnya kreativitas para lulusan yang diduga merupakan cerminan dari tingkat berpikirnya yang rendah.

Paradigma Baru Psikologi Lingkungan

Tidak ada habibat yang lebih indah untuk dihuni makhluk hidup saat ini selain di bumi. Namun demikian, seiring waktu berjalan, bumi makin tua dan sarat dengan berbagai persoalan. Manusia dan alam sekitarnya seolah-olah tidak lagi bergandengan tangan membangun keharmonisan bersama. Banyak masalah lingkungan yang terjadi karena ego manusia yang terlalu tinggi, namun banyak juga yang disebabkan proses alamiah. Manusia ditakdirkan hidup bersama alam dan isinya, termasuk berinteraksi dengan sesama makhluk. Berbagai perilaku akan muncul dari interaksi tersebut, dan akan berdampak pada lingkungan di sekitarnya. Buku ini menawarkan kajian tentang hubungan manusia dengan alam dari sudut pandang klasik dan kekinian. Berbagai fenomena perilaku terkait lingkungan dirangkum dalam ulasan ilmiah, disertai dukungan hasil-hasil penelitian sepanjang perkembangan Psikologi lingkungan. Buku ini juga menyertakan ulasan pemikiran Islam mengenai hubungan manusia dengan lingkungan yang merupakan manifestasi fungsi manusia sebagai khalifah di muka bumi. Semangat spiritual mengantarkan manusia pada kesadaran positif memelihara alam. Melalui tautan yang turut disajikan pada tiap bab, diharapkan pembelajar akan lebih dekat dalam memahami Psikologi lingkungan.

Tidak ada habibat yang lebih indah untuk dihuni makhluk hidup saat ini selain di bumi.

PSIKOLOGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Tersusunnya buku ini merupakan pengembangan modul pembelajaran dari Mata Kuliah Psikologi Pendidikan yang penulis ampu di beberapa program studi dan juga hasil kumpulan catatan dalam diskusi setiap sesi perkuliahan serta hasil penelitian penulis yang dilengkapi dengan referensi yang relevan. Pembahasan isi buku mengikuti pembaharuan karena adanya perubahan kurikulum dan perkembangan informasi mengenai dunia pendidikan. Melalui buku Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini, para mahasiswa calon guru PAUD dan juga guru PAUD dapat lebih membuka dan memperluas wawasan mereka tentang psikologis anak usia dini. Selama mengasuh Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD), penulis membahasnya secara umum tentang aspek, proses, dan fenomena psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, melalui buku ini penulis mencoba mengupas secara lebih khusus -meskipun masih sederhana- tentang hal-hal yang berkaitan langsung dengan psikologis anak usia dini yang terjadi dalam dan selama proses pendidikan berlangsung.

Melalui buku Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini, para mahasiswa calon guru PAUD dan juga guru PAUD dapat lebih membuka dan memperluas wawasan mereka tentang psikologis anak usia dini.

Tinjauan Pandemi COVID-19 dalam Psikologi Perkembangan

Buku seri Psikologi Perkembangan ini berjudul: Tinjauan Pandemic Covid-19 dalam Psikologi Perkembangan. Dalam buku ini berisi pembahasan mengenai bagaimana individu menyikapi permasalahan seputar pandemic covid-19, yang sampai saat ini masih berlangsung. Buku ini membahas perihal psikologi perkembangan, sesuai dengan tahapan perkembangan seseorang, yaitu (1) Masa kanak-kanak, (2) Remaja, (3) Dewasa, (4) Lanjut usia. Judul-judul dalam setiap tahapan perkembangan, menggambarkan secara ekspisit apa sajakah permasalahan perkembangan yang sedang terjadi di masa pandemic, sesuai dengan tahapan individu tersebut. Maka dengan mengetahui permasalahan yang terkait perkembangan ini, pembaca diharapkan mendapatkan pengetahuan bagaimana menghindari atau ketika harus mengatasi permasalahan yang ada dalam ruang lingkup kehidupan sehari-hari. Artikel-artikel dalam buku ini ditulis oleh para pengajar, dosen, dan pemerhati pendidikan dan perkembangan, yang peduli dengan perkembangan individu. Semoga bermanfaat bagi para pembaca, terutama sebagai bekal dalam menyikapi dan mengatasi permasalahan dalam kehidupan, sesuai dengan tahapan perkembangan diri sendiri dan juga keluarga.

Buku seri Psikologi Perkembangan ini berjudul: Tinjauan Pandemic Covid-19 dalam Psikologi Perkembangan.